Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

030811-Obat Tradisional Untuk Rambut Rontok

Mengobati Rambut Rontok Dengan Pengobatan Tradisional Banjar

RAMBUT adalah mahkota bagi pria dan terutama bagi wanita. Berbagai mode dan gaya rambut menjadi trend dan penampilan. Tentunya tidak menyenangkan apabila rambut mengalami kerontokan. Saat ini memang banyak shampo dan obat-obatan modern untuk mengatasi rambut rontok, akan tetapi tidak ada salahnya mencoba dengan obat-obatan tradisional Banjar.
            Rambut yang sering rontok dalam bahasa Banjar disebut rambut luruh. Menurut budayawan Banjar Drs Syarifuddin R, ada beberapa cara pengobatan tradisioal untuk mengatasi rambut rontok, pengobatan yang sudah dikenal masyarakat Banjar semenjak dahulu kala, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah di dapat dan banyak tumbuh disekitar kita.
            Pertama dengan menggunakan bongkol (bungkah) pisang yang ada dalam tanah. Cara pengolahan obatnya antara lain, bongkol pisang di parut, lalu diperas agar keluar airnya pada sebuah mangkok, kemudian disaring dimangkok yang lain agar bersih.
            Sebelum air perasan bongkol pisang tadi digunakan, terlebih dahulu diembunkan selama 1 malam, di tempat terbuka. Barulah kemudian air perasan bongkol pisang diusapkan pada kulit kepala sambil diurut-urut secara perlahan.
            Cara kedua menggunakan bawang merah (bawang habang). Cara pengolahan obatnya antara lain, beberapa bawang merah ditumbuk hingga lumat, kemudian di beri air matang secukupnya.
            Selanjutnya air bawang merah tadi, diusapkan pada kulit kepala, diamkan 10 sampai 15 menit, setelah itu rambut dikeramas dengan air bersih.
            Cara ketiga menggunakan buah jeruk nipis (limau nipis) dan telor ayam. Cara pengolahan obatnya antara lain, beberapa buah jeruk nipis dibelah, kemudian diperas pada sebuah mangkok untuk diambil airnya.
            Sebelum tidur atau pada malam hari, air jeruk nipis tadi di usapkan pada kulit kepala secara merata, kemudian keringkan. Setelah air jeruk nipis pada kulit kepala kering, lalu usapkan telur ayam pada pada kulit kepala tersebut. Untuk hasil yang terbaik, pagi harinya baru rambut dicuci bersih.
            Cara ketiga dengan menggunakan buah kemiri (keminting). Cara pengolahan obatnya, isi atau daging buah kemiri ditumbuk sampai halus menjadi tepung, kemudian masukkan kedalam panci, dan beri air secukupnya, lalu panaskan sampai mengeluarkan minyak. Teknis pengobatannya, usapkan obat tersebut pada kulit kepala, dan dilakukan beberapa kali. ara/mb07
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar