Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

080511-minggu(senin)-persiapan UN SD


Photo: mb/ara
SIAP UN – SDN Kebun Bunga 1 melakukan sholat hajat bersama, agar siswa/i siap mental dalam mengerjakan soal UN

Sebanyak 10629 Siswa/i Siap Melaksanakan UN SD/MI

BANJARMASIN – Mekanisme pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SD/MI/SDLB tidak berbeda dengan pelaksanaan UN SMP, SMA dan sederajat. Beberapa SD/MI di kota Banjarmasin telah mempersiapkan siswa/i nya dengan sebaik mungkin agar berhasil dalam UN, baik dalam penguasaan mata pelajaran maupun persiapan mental.
Salah satunya seperti yang dilakukan SDN Kebun Bunga 1 di jalan Manggis Banjarmasin, yang melaksanakan sholat magrib berjamaah antara guru dan murid-murid yang akan mengikuti ujian. Kemudian diteruskan dengan sholat hajat bersama dan pembacaan surah Yasin, pada Jumat (6/5) kemaren, memohon agar diberi kemudahan dalam menjawab soal UN.
Sebelumnya pada Kamis (5/5) siang, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Banjarmasin, Drs M Sarwani SE MM saat ditemui Mata Banua ruang kerjanya mengatakan “persiapan UN SD/MI/SDLB se kota Banjarmasin sudah kami persipakan semenjak Senin kemaren, antara lain bersama 5 Kapolsek dan ketua K3S.
Hari ini (Jumat.red) pukul 9 tadi, semua soal sudah datang. Alhamdulillah tidak ada soal yang kurang , semua lengkap dan semua soal sudah dimasukkan di kortek 5 kecamatan serta dikawal oleh intel kapolsek masing-masing. Sehingga dari 10 sd 12 Mei, UN sudah benar-benar siap dilaksanakan. Mekanisme pengambilan soal, tidak berbeda dengan UN SMP, SMA dan sederajat” ujarnya.
Sarwani melanjutkan “jumlah peserta UN SD/MI se kota Banjarmasin ada 10610 anak, ditambah dengan jumlah peserta UN SDLB ada 19 anak. 10629 siswa/i tersebut berasal dari 488 buah SD, 53 buah MI dan 3 buah SDLB, yang ada di kota Banjarmasin. Tentunya materi soal untuk SDLB memang berbeda dengan anak-anak SD/MI, karena disesuaikan dengan kemampuan mereka.
Pukul 07.00 Wita, soal di ambil di Polsek masing-masing kecamatan. Pukul 07.45 anak-anak sudah masuk keruang kelas, untuk mengisi identitas dan pukul 08.00 Wita  UN sudah dilaksanakan” katanya.
Menjawab pertanyaan Mata Banua mengenai US SD yang dimajukan pelaksanaannya, dan adanya perbedaan dari akhir pelaksanaan US pada beberapa SD, Sarwani menjelaskan “terjadwal US SD setelah UN, namun karena permintaan dari Disdik provinsi, tanggal 3 terakhir semua nilai US sudah harus masuk.
Sehingga bukan cuma sekolah yang kelimpungan menyiapkan anak-anaknya untuk US, kami sendiri di Disdik kota Banjarmasin juga ekstra kerja keras dalam menyiapkan soal US.
Pelaksanaan awal US memang serentak, tapi akhir pelaksanaan USnya jadi beragam, tergantung kesiapan sekolah. Ada yang Jumat sudah selesai, tapi ada juga Sabtunya baru selesai, tapi bagaimanapun juga Seninnya semua sekolah sudah menyerahkan nilai US ke Disdik kota. Selanjutnya kami sampai lembur agar Selasa 3 Mei, nilai US SD se kota Banjarmasin sudah diserahkan ke Disdik provinsi” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar