Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

080711-jumat(sabtu)-TB.PKBSS-kegiatan lewat

Dua Jadwal Gelar Sore PKBSS Hanya Senyap

BANJARMASIN – Jadwal kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah, itulah catatan yang tertulis dalam undangan Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai (PKBSS) 2011, yang akan berlangsung selama 10 hari dari Kamis 7 Juli sd Sabtu 16 Juli 2011, di Taman Budaya (TB) Kalsel, dengan beragam kegiatan digelar, beragam lomba dilaksanakan.
            Dalam jadwal kegiatan ada 5 lomba, kemudian ada 31 festival atau gelar seni budaya, antara lain yaitu lukis, puisi, tari, mamanda, wayang, musik tradisional, musik modern, dan prosesi adat.
            Dari pemantauan Mata Banua semenjak pembukaan pada Kamis pagi hingga Jumat (8/7) sore, sudah ada dua gelar seni yang jadwalnya pada sore hari, terlewat begitu saja tanpa ada aktivitas pertunjukan. Dua gelar seni tersebut, sama-sama terjadwal pada pukul 16.00 Wita yaitu Kamis dengan Monolog (salah satu jenis teater) Seniman Banjarmasin, dan Jumat dengan Puisi Barantai Bersama Seniman Sastra.
            Mukhlis Maman, pemerhati seni budaya Banjar yang kebetulan berada di warung komisi XI (warung di pojok TB, tempat seniman nongkrong), berkomentar “bisa jadi batalnya dua gelar ini, dikarenakan koordinasi yang kurang saat penetapan jadwal, dengan para seniman sastra dan teater” ujarnya.
            Sementara Dzulman, pemerhati seni budaya Banjar dari generasi muda, yang juga berada di warung komisi XI, dengan nada lebih kritis mengatakan “bisa pula sebuah jadwal gelar dibuat hanya formalitas pengisi jadwal diatas kertas, atau kemungkinan lain bahwa seniman teater dan sastra terkadang memang tidak peduli.
            Bila dikatakan seniman teater dan sastra tidak aktif berkegiatan, pada kenyataannya, selalu saja ada pertunjukan teater dan sastra yang digelar tersendiri. Apakah ini ada sentiment tertentu atau memang tidak terjadi kordinasi yang baik, memang masih menjadi tanda tanya. Sementara, yang selalu bersuara kritis mengatakan pemerintah tidak peduli dengan kegiatan seni dan pelaku seni adalah kebanyakan dari seniman sastra dan teater” katanya.
            Jadwal PKBSS 2011, hari ke 5 sd 10, antaralain:
            Senin 11 Juli, dengan kegiatan sepontan pantun kreatif musik/sastra/teater, pementasan teater dari sanggar Budaya yang berjudul Perang Banjar. Kemudian pagelaran budaya prosesi adat perkawinan masyarakat kabupaten Balangan, yang diberi judul Bagunung Api Balawang Tujuh.
            Selasa 12 Juli, ada lomba vocal grup lagu-lagu Banjar, dan lomba nyanyi solo lagu-lagu Banjar. Kemudian ada pagelaran tari tradisional dari kabupaten Tanah Laut, yang diberi judul Batutungkal. Selanjutnya pagelaran teater tradisi japin carita dari kabupaten Tanah Bumbu.
            Rabu 13 Juli, dengan pagelaran tari anak paris berantai dan tari nusa, pagelaran teater anak pawaris karantika junior, pagelaran teater dari kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan pagelaran musik jazz.
            Kamis 14 Juli, dengan pagelaran musik perkusi, opera gema tarbang versi Banjar, dan pagelaran musik Islami Maulid Habsyi dari kabupaten Hulu Sungai Utara.
            Jumat 15 Juli, ada setting pentas festival karya tari daerah Kalsel, musik tradisi alahai dari kabupaten Kotabaru, dan pagelaran komunitas musik legendaris.
            Sabtu 16 Juli, hari terakhir dengan festival karya tari daerah Kalsel, yang bertempat di gedung seni pertunjukan Balairung sari Taman Budaya Kalsel. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar