Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

150611-rabu(kamis)-tuntutan bem tuntas (Dm. di Headline hal.1)


Photo: mb/ara
DEMO - Secara bergantian Purek I dan Purek III menjawab pertanyaan demonstran dan menjelaskan pesan dari Rektor, pada demonstrasi ke dua mahasiswa Unlam

Photo: Prof Dr HM Hadin Munjad SH MHum
Photo: Prof Dr Ir H Idiannor Mahyuddin MSi
Photo: Arif Subhan

Tuntutan Demonstran Terpenuhi

BANJARMASIN - Pergolakan tuntutan mahasiswa yang diwakili oleh BEM PT, BEM F, KAMMI Komisariat Unlam dan UKM lain, terhadap Purek II Unlam Prof Dr Ir H Akhmad Gazali MS, agar mundur dari jabatannya karena telah melakukan perbuatan yang mencemarkan nama baik Unlam, telah terselesaikan.
            Sebelumnya, dimulai dari aksi demo pertama pada Senin (6/6) di depan kantor Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, karena Rektor Unlam menjanjikan keputusan tindakan tegas satu minggu kemudian. Kemudian pada Senin (13/6), pada pukul 02.00 wita, mahasiswa kembali bergerak menuntut janji.
Demonstran sendiri ditemui oleh Purek I dan Purek III, karena Rektor masih ada di Jakarta. Secara bergantian Purek I dan Purek III menjawab pertanyaan demonstran dan menjelaskan pesan dari Rektor. Merasa tidak puas dengan jawaban tersebut, demonstran meminta agar Rektor dihubungi melalui telepon dan menjelaskan secara langsung.
Setelah beberapa kali di hubungi tidak ada jawaban, Purek III menawarkan untuk menghubungi Prof Dr H.Djantera Kawi sebagai ketua tim kecil penyelidikan, untuk dimintai penjelasan, atas hasil yang telah dilakukan, dan demonstran menyetujuinya.
Melalui telepon,  Djantera Kawi menjelaskan bahwa Prof Dr Ir H Akhmad Gazali MS, bersedia membuat surat pengunduran diri dalam beberapa hari kedepan. Menanggapi jawaban tersebut Presiden Mahasiswa Unlam Arif Subhan, mengatakan “untuk sementara kami terima jawaban ini, tapi kami akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas, bila dalam beberapa hari ini tidak ada juga surat pengunduran diri tersebut, kami akan kembali mengambil tindakan.
Rabu (15/6) malam, melalui telepon Arif mengabarkan kepada Mata Banua ”sekarang persoalannya sudah selesai, sebab  Purek II Unlam Prof Dr Ir H Akhmad Gazali MS telah menyerahkan surat pengunduran dirinya, pada Selasa kemaren” ujarnya.
Dilain pihak Purek III Unlam, Prof Dr Ir H Idiannor Mahyuddin MSi, melalui telepon, juga membenarkan keterangan Arif, katanya “surat pengunduran diri Purek II Unlam, diterima Rektor pada hari Selasa, dan pagi tadi Rektor meminta saya untuk menyampaikan kabar tersebut kepada Presiden Mahasiswa Unlam Arif Subhan. Alhamdulillah, sekarang masalahnya sudah selesai” katanya.
Seperti yang dikatakan Purek I Unlam Prof Dr HM Hadin Munjad SH MHum, pada Senin (13/6) sore, seusai menemui demonstran “apabila yang bersangkutan mengundurkan diri dari jabatannya, maka tidak diperlukan lagi penyelidikan. Persolan yang di tindak lanjuti oleh Rektor (institusi Unlam) adalah berdasar PP 53 tahun 2010, yang terkait pelanggaran disiplin PNS, persoalan lain yang menyangkut ranah hukum di luar kewenangan kami” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar