Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

150811-senin(selasa)-F.Teknik Uniska syukuran (Dm.190811)

Photo: mb/ara
SYUKURAN – Dekan Fakultas Teknik Uniska Ir HM Muflih memotong nasi tumpeng menjelang acara buka puasa bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas perjalanan Fakultas Teknik yang sudah berusia 13 tahun

Faklultas Teknik Uniska Bertekad Mencetak Mahasiswa Mandiri

BANJARMASIN – Dukungan segenap civitas akademika menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemajuan sebuah fakultas, sehingga bisa lebih maju, dan berkembang bukan hanya bersaing ditingkat lokal maupun regional Kalimantan tapi juga secara nasional” ungkap Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary, Ir HM Muflih pada Minggu (14/8) seusai berbuka puasa bersama dan syukuran atas usia 13 tahunnya usia Fakultas Teknik Uniska.
            Menurut Muflih “apresiasi masyarakat terhadap Fakultas Teknik Uniska dari tahun-ketahun terus meningkat peminatnya, maka sudah menjadi kewajiban bagi kami meningkatkan kualitas akademik menjadi lebih baik lagi.
            Di Fakultas Teknik Uniska ada 3 prodi, yaitu D3 Teknik Mesin, S1 Teknik Mesin dan S1 Teknik Informatika. D3 Teknik Mesin di dirikan pada 1998, namun belakangan karena trendnya belakangan orang lebih tertarik ke S1, maka di bukalah prodi S1 Teknik Mesin pada 2006 dan efektif menerima mahasiswa pada 2007.
            Dari segi jumlah mahasiswa, Uniska paling besar di antara Universitas swasta di Kalimantan. Dan untuk jumlah mahasiswa S1 Teknik Mesin saat ini, hampir 600 orang dan Teknik Informatika ada 1300 orang. Tahun ini, pada penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang pertama, sudah tercatat ada 525 calon mahasiswa yang mendaftar.
            Tapi kami masih memberi kesempatan pendaftaran di gelombang kedua, yang telah di buka dari 1 Agustus tadi, saat ini tercatat ada 270 calom mahasiswa yang mendaftar” ujarnya.
Muflih mengatakan “Fakultas Teknik Uniska sendiri tidak hanya mengandalkan peluang kerja, karena jurusan kami kebetulan sesuai dengan trend yang sekarang, yaitu informatika dan mesin.
Lulusan S1 informatika memang banyak diperlukan, di mulai dari lingkungan swasta maupun pemerintahan. Kemudian lulusan S1 Mesin banyak diperlukan di industri pertambangan-pertambangan.
Untuk S1 mesin, 90 persen lulusan terserap oleh dunia kerja, sisanya berwirausaha. Sedangkan bidang informatika, dengan visi dan misinya disamping mencetak tenaga kerja yang kompeten juga mendidik mahasiswa untuk berwirausaha. Maka dengan bekal pengetahuannya yang di timba di kampus, mereka sudah bisa membuka usaha sendiri.
Bahkan kami tekadkan, dengan ilmu-ilmu yang kami berikan di bangku kuliah, bahwa sebelum lulus mereka sudah akan bisa mandiri dan kreatif menciptakan peluang kerja. Kami juga membuat program modal kerja, bagi mahasiswa yang mau berwirausaha. Berapa modal yang diberikan, tergantung proposal yang diajukan mahasiswa” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar