Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 23 Desember 2011

170111-senin(selasa)-peluang kerja di 2011

PROSPEK PELUANG KERJA 2011

BANJARMASIN - Untuk menyikapi peluang kerja, diperlukan kejelian dalam memilih jurusan dalam pendidikan. Tidak bisa dihindari bahwa kebutuhan bursa kerja adalah tenaga ahli dalam satu bidang. Namun memiliki keahlian, bukan berarti memiliki keberanian dalam membuka lapangan kerja sendiri, faktor modal yang sering menjadi alasan.
Menurut Drs.H.Nasaruddin pada beberapa hari yang lalu (11/1) “dalam sebulan ada saja pihak swasta yang datang ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kota Banjarmasin, untuk meminta data para pencari kerja. Dari data tersebut, mereka akan memanggil pencari kerja yang diperlukan.
Ada pula pihak swasta atau perusahaan yang meminta kita untuk mencarikannya, kita seleksi sesuai data keahlian lalu kita panggil pencari kerja yang memenuhi kreteria perusahaan tersebut” ujarnya.
Diakui Nasaruddin “untuk tenaga kerja yang lebih banyak dicari adalah yang siap pakai atau mempunyai keahlian dalam satu bidang, seperti dari sekolah kejuruan dan lebih mudah untuk penempatannya. Sedang dari lulusan SMA atau yang sederajat, harus mempunyai keahlian tertentu dari pelatihan-pelatihan dulu.
Menyikapi keadaan ini, untuk lulusan SMA yang belum mempunyai keahlian, maka Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kota Banjarmasin, dari dana APBD pemerintah kota, mengadakan pelatihan untuk mereka, dan ada juga yang kita arahkan untuk masuk di Balai Latihan Kerja (BLK)” ungkapnya.
Dilanjutkannya, bahwa “Pelatihan yang kita adakan seperti pelatihan otomotif dan bengkel sepeda motor. Setelah pelatihan mereka akan magang di bengkel-bengkel dan dealer mobil.
Selain itu ada juga pelatihan di kelurahan-kelurahan untuk ibu-ibu, seperti menjahit dan tata rias pengantin. Pelatihan teknologi tepat guna, seperti pembuatan kue, dan prosesing hasil pertanian yang akan kita berikan bantuan modal peralatan usaha. Ini sudah kita mulai dari tahun lalu” kata Nasaruddin.
Yang pasti ujarnya “untuk 2011 ini, kita fokos pada pembuatan kue dan prosesing hasil pertanian karena pemasaran lebih mudah. Sedangkan perbengkelan peluang kerjanya juga masih menjanjikan.
Saat ini kami mendapat informasi, bahwa salah satu perusahan elektronik di Batam siap menerima 100 orang tenaga kerja wanita. Seberapa jauh peluang kerjasamanya, masih kita jajaki dan nantinya bila sudah positif akan kita informasikan secara luas” pungkas Kepala Bidang Penempatan Naker dan Perluasan Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin ini. ara/mb05

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar