Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Minggu, 25 Desember 2011

210211-senin(selasa)-bamasakan (Dm.250211)


Photo: mb/ara
SEJAK DINI – Biasakan anak gadis sejak dini mengenal peralatan dapur dan tahu bagaimana cara memasak, agar bisa terampil saat berumah tangga.

PELAJARAN MEMASAK SEJAK DINI BAGI ANAK-ANAK

BANJARMASIN – Kehidupan yang serba praktis diperkotaan, ingin makanan apa saja tinggal beli. Kemudahan ini bukan tidak berakibat negatif bagi remaja putri, banyak diantaranya yang tidak bisa memasak.
            Menurut Khairatin guru pengajar PPKN dan Keterampilan di SMPN2 Manarap, pada Senin (21/8) berkata “dulu sering kita melihat anak-anak gadis yang berumur 5 sd 10 tahun bermain barurumahan atau bamamasakan.
Permainan ini sangat bermanfaat, kareana mereka belajar bagai mana menjadi seorang ibu atau cara memasak sejak dini. Barurumahan atau bamamasakan adalah termasuk permainan tradisional.
            Untuk daerah pinggiran kota, permainan seperti ini masih banyak dilakukan anak-anak gadis. Tapi dikota sendiri, hampir tidak terlihat lagi. Hal inilah yang menyebabkan banyak remaja putri yang tidak bisa memasak. Padahal keahlian memasak bagi remaja putri, adalah sangat bermanfaat bila mereka berumah tangga” ujarnya.
            Juairiyah, remaja putri yang telah duduk dikelas tiga SMA hanya tersenyum sambil menggeleng, saat ditanya Mata Banua apakah bisa memasak. Dilain pihak Khairunnisa, salah satu mahasiswi Unlam Banjarmasin menjawab “tak perlu repot memasaklah, kan tinggal pesan katering, atau beli saja diwarung, kan lebih gampang” katanya.
            Khairatin, menambahkan “di SMP memang ada pelajaran keterampilan memasak, tapi itu tidak cukup. Pelajaran yang sebenarnya ada dirumah, bagaimana ibu-ibu mengajarkan anaknya untuk membantu didapur, agar keterampilan memasak anak gadisnya bisa bisa lebih baik lagi.
            Membiasakan anak gadis membeli makanan yang sudah jadi bukanlah sesuatu yang lebih baik. Namun pelajaran sebenarnya adalah saat anak gadis berumur antara 5 sd 10 tahun, biarkan mereka terbiasa dengan peralatan dapur dan beimajinasi melalui barurumahan atau bamamasakan” pungakasnya. ara/mb05
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar