Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

220411-jumat(sabtu)-pameran lukis anak TB (Dm.250411)

Pameran Seni Lukis Anak

BANJARMASIN - Sebuah gambar atau lukisan dari anak-anak adalah citra dari kepolosan dan kelugasan, tanpa terikat oleh pola kewajaran serta logika. Inilah yang membuat karya lukis anak mempunyai nilai yang tinggi.
Bebas bukan berperilaku semaunya, tetapi bebas dari bayangan nilai maupun pola yang telah biasa diterapkan secara umum, dan menjadi baku dalam bentuk patokan-patokan standart seni lukis.
Dari kebebasan seperti inilah sebuah jiwa menjadi kreatif. Dari kebebasan semacam inilah kita memahami lukisan anak. Jadi kita tidak menilai dengan ukuran yang kita punyai, tidak menilai dengan kacamata kita, melainkan dengan kaca mata batin anak.
Menurut Noor Hidayat Sultan kepala Taman Budaya (TB) Kalsel, pada Rabu (13/4) siang di ruang kerjanya “Senin 25 April 2011, akan kita gelar Pameran Seni Lukis Anak bertempat di Gedung Wargasari TB Kalsel.
Dalam aspek pendidikan kita sudah mulai menggaungkan pendidikan ber karakter. Pendidikan seni budaya perlu ditanamkan sejak dini, oleh karena itu dengan pameran lukis anak ini, kami harapkan ada rasa kecintaan anak terhadap seni lukis. Dengan kecintaan tersebut, akhirnya juga mendorong mereka memiliki kreatifitas dan kecintaan pada seni lukis itu sendiri. Dan dengan pameran ini membuka ruang bagi anak untuk berekspresi dan berkreasi di bidang seni lukis” ujarnya.
Lanjut Noor Hidayat “kita sudah mengundang semua SD yang ada di kota Banjarmasin, untuk mengikutsertakan karya lukis murid-muridnya. Selain anak-anak SD ada pula beberapa murid SMP yang juga kita undang untuk mengirimkan karyanya.
Masing-masing anak maksimal mengirimkan 5 karya lukis, selanjutnya tim kurator akan memilih 2 atau 3 karya dari 5 yang dikirimkan untuk di pamerkan di depan khalayak. Anak-anak yang lukisannya dipamerkan akan diberi piagam penghargaan dan akan kami bina kreatifitasnya” katanya.
Menjawab pertanyaan Mata Banua, apakah lukisan anak tersebut akan dilelang? Ungkap Noor Hidayat “tidak menutup kemungkinan karya anak-anak tersebut nantinya akan kita lelang kepada tamu yang datang. Tentunya, si anak yang lukisannya dibeli walau harganya murah, akan menimbulkan rasa bangga dan menambah semangatnya untuk berkreatifitas dalam karya lukis kedepannya” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar