Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

220511-minggu(senin)-ketua Bem PT Uniska yg baru


Photo:
BEM – Uniska laksanakan pelantikan Ketua BEM PT beserta pengurusnya ditengah krisis minat kepemimpinan mahasiswa di kampus

BEM PT Uniska Programkan Semangat Berorganisasi

BANJARMASIN – Permasalahan SDM yang dewasa ini sering dihadapi oleh Perguruan Tinggi di Kalsel, adalah minimnya minat mahasiswa untuk berorganisasi, sehingga menyebabkan krisis kepemimpinan mahasiswa dalam kampus.
Seperti yang terjadi pada pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Islam Kalimantan (BEM PT Uniska) Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary di Banjarmasin.
Terkait permasalahan ini, Ahmad Wijaya Ketua KPU Mahasiswa Uniska, pada Sabtu (21/5) mengatakan“kami sudah menganggendakan program KPU Mahasiswa Uniska dalam rentang waktu yang cukup lama.
Dan kami juga telah menyiapkan program kegiatan pemilihan lanjutan apabila ada lebih dari satu bakal calon (balon) ketua, dengan agenda masa kampanye dan debat antar Balon. Namun agenda ini melenceng dari yang diprogramkan dan diharapkan” ujar mahasiswa Fakultas Tekhnik Uniska jurusan kesehatan masyarakat, semester VIII ini.
Lebih jauh bagaimana kronologis pemilihan ketua BEM PT Uniska, Halidi ketua MPM menjelaskan “awal Pebruari 2011, panitia KPU Mahasiswa Uniska dibentuk, yang anggotanya dari kepengurusan BEM-BEM Fakultas yang terdahulu, dan perwakilan semua UKM-UKM Fakultas, agar pemilihannya terbuka dan transparan.
Proses sosialisasi dan penjaringan berlangsung hingga 25 Maret 2011, dengan menyurati BEM-BEM Fakultas, dan pengumumam melalui pamlet-pamlet agar setiap BEM Fakultas (BEMF) mengirimkan calonnya untuk mendaftar.
Tapi selama proses itu, hanya ada satu Balon yang mendaftar. Menyikapi situasi ini, kami lakukan pengunduran waktu penjaringan selama dua kali dan hasilnya tetap sama. Akhirnya dari pada kepastian kepengurusan BEM PT Uniska berlarut-larut, maka pada awal April kita putuskan secara aklamasi Balon yang satu-satunya mendaptar menjadi Ketua BEM PT Uniska.
Setelah hal ini diputuskan, barulah timbul polemik, banyak mahasiswa yang mempertanyakannya. Lalu kami adakan dialog mahasiswa Uniska, setelah berdiskusi dan menjelaskan situasi yang terjadi, kawan-kawan mahasiswa mau menerima keputusan kami kemudian disepakati bersama.
Dan hari ini (Sabtu.Red), dimulai dari pukul 09.30 wita pagi hingga siang, dilangsungkan pelantikan ketua BEM PT beserta pengurusnya yang lain. Dihadiri mahasiswa Uniska, undangan dari Ketua Bem PT lain, dosen dan PR III Uniska” kata mahasiswa dari Fisip, semester IV ini dengan panjang lebar.
            Sementara itu M Agus Humaidi, Ketua BEM PT Uniska yang terpilih secara aklamasi, mengatakan “saya mencalonkan diri sebagai Ketua BEM PT, karena merasa terpanggil untuk meningkatkan keorganisasian dalam kampus, yang sekarang semangatnya semakin menurun. Sejujurnya saya prihatin, dari 11 ribu mahasiswa di Uniska, tidak ada yang mau mencalonkan diri sebagai Ketua BEM PT, ini adalah krisis kepemimpinan.
            Mencermati sikap mahasiswa sekarang, banyak yang hanya bercita-cita menjadi PNS, kalau kita adakan poling dari sepuluh mahasiswa, hanya 2 yang mau menjadi aktivis. Kebanyakan mahasiswa bersifat apatis, terhadap kondisi kampusnya ataupun kondisi daerah dan kebangsaan. Mereka hanya menjadi kupu (kuliah – pulang).
            Maka, selain dari meningkatkan semangat keorganisasian dalam kampus, program BEM PT Uniska kedepan antara lain tetap mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah, advokasi masyarakat dan politik nilai. Baik itu nanti berupa kegiatan intra kampus maupun ekstra kampus” pungkas mahasiswa Fisip semester VI ini, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua BEM Fisip Uniska. ara/mb05


Tidak ada komentar:

Posting Komentar