Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 24 Desember 2011

230111-minggu(senin)-minat pada film dokumenter

MINAT GENERASI MUDA TERHADAP FILM DOKUMENTER

BANJARMASIN – Ketertarikan generasi muda Banjarmasin dengan film dokumenter harus ditingkatkan lebih jauh lagi. Kemunculan kelompok-kelompok muda yang melaksanakan pemutaran film-film dokumenter adalah merupakan bukti adanya minat generasi muda terhadap film dokumenter.
Dramawan Kalsel Yadi Muryadi yang sering memerankan tokoh pejuang dalam pentas teater, pada Minggu (23/1) berkomentar “minat generasi muda kita yang saat ini semakin banyak akan film dokumenter harus kita arahkan dengan baik, misalnya dengan mengadakan lomba pembuatan film dokumenter daerah, terutama pada film dokumenter yang menceritakan tentang perjuangan daerah.
Apalagi saat ini semakin banyak televisi swasta di daerah kita ini, ini bisa menjadi tempat untuk memperkenalkan karya-karya film dokumenter daerah. Tapi yang jelas, ini semua perlu dukungan pemerintah daerah. Sampai saat ini yang peduli untuk mengangkat sejarah perjuangan pahlawan daerah, hanya dari orang-orang teater.
Bagaimana dengan pemerintah, sampai sekarang hanya wacana dan wacana. Setiap gubernur yang memimpin Kalsel selalu saja mewacanakan untuk membuat dokumentasi film perjuangan daerah. Baik itu perang Banjar maupun perjuangan Hasan Basri, tapi itu cuma tinggal wacana. Sampai sekarang tidak ada realisasinya” tutur Yadi.
Sementara Alfonso aktivis budaya berkata “membuat film tentang sejarah perjuangan daerah adalah termasuk dalam pendidikan. Film yang tidak hanya akan  diputar di gedung-gedung biokop, tapi bisa pula diputar pada setiap peringatan hari pahlawan, dan di putar di sekolah-sekolah, sebagai media pembelajaran, terutama yang bertema perjuangan daerah” tuturnya.
Alfonso melanjutkan “saat ini kita hanya menonton film-film perjungan dari daerah lain di luar Kalsel, yang kita inginkan adalah melihat film perjuangan yang berasal dari daerah kita “pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar