Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

230611-kamis(jumat)-TK NU wisuda


Photo: mahfuz

Motivasi Anak Meraih Pendidikan Lebih Tinggi

BANJARMASIN – Pendidikan dasar agama dan pembentukan akhlakul karimah, serta memotivasi anak untuk meraih jenjang pendidikan lebih tinggi, menjadi tujuan utama dalam Yayasan Ma’arif Nahdatul Ulama (YMNU).
Hasil pendidikan dan pembentukan sejak dini yang ditunjukan oleh YMNU dengan mewisuda 323 anak didiknya, pada Rabu (22/6) kemaren, di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, di hadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah Kementrian Agama, Perwakilan Departemen Agama (Depak), Pengurus Wilayah NU Syarbani Khaira dan Rais Suriah Pengurus Wilayah NU KH Ahmad Subyan.
Wisuda yang sekaligus juga untuk memperingati Isra’ Mi’raj, dimeriahkan dengan penampilan seni dari anak-anak didik YMNU, seperti seni Hadrah, Sinoman Hadrah Rudat, Tarian Sholawat, Japin dan Lagu Islami.
Menurut  Ketua YMNU, Rusbandi mengatakan “YMNU pada 2002 mulanya hanya di Barito Kuala, selanjutnya 2010 telah berkembang di empat kabupaten/kota di Kalsel. Yayasan Ma’arif berapliasi dengan Nahdatul Ulama, dan Nahdatul Ulama adalah sebagai pembina dari Yayasan Ma’arif. Dilapangan YMNU mempunyai sebuah kelompok kerja pengawas.
Insyaallah, pusat pendidikan YMNU akan dibuka pula di Banjarbaru, Pelaihari dan Rantau. Kemudian akan diterus dikembangkan hingga seluruh kabupaten/ kota di Kalsel.
Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ada dua jenis yaitu Raudatul Atfal (RA) yang ijin operasionalnya di bawah Depak, dan Taman Kanak-kanak (TK) yang ijin operasionalnya di bawah Dinas Pendidikan (Disdik). RA/TK YMNU.adalah perpaduan dari TK Al Qur’an dan TK Umum Tapi 90 persen pendidikan kami berorientasi pada pendidikan Agama.
.Jenis tingkat pendidikan yang ada di YMNU yaitu TK Al Qur’an, TK Raudatul Atfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Diniyah Wustha, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah Ulya (setingkat Aliyah), dan satu lagi yang akan diresmikan yaitu Pondok Pesantren YMNU di Mekarsari Kabupaten Batola” ujarnya.
Lanjut Rusbandi “ada 323 anak yang di wisuda hari ini, yaitu dari kabupaten Batola ada 11 buah RA/TK dengan 128 anak, dari kabupaten Banjar ada 5 buah TK/RA dengan 98 anak, dari kota Banjarmasin ada 7 buah RA/TK dengan 97 anak.
            Pokok pembelajaran RA/TK YPNU antara lain yaitu menulis, membaca, berhitung, Tauhid, Fiqih, Al Qur’an, do’a-do’a, lagu Islami, pembentukan perilaku, pembentukan disiplin, pembentukan perasaan, pembentukan kemampuan bermasyarakat, kemampuan berbahasa Indonesia, kemampuan daya piker, kemampuan daya cipta, kemampuan keterampilan, serta pembentukan jasmani dan rohani yang sehat.
            Wisuda RA/TK hari ini bertujuan untuk memotifasi anak sejak dini, untuk lebih bersemangat meneruskan pendidikan kejenjang berikutnya, hingga menamatkan pendidikan minimal sarjana” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar