Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Minggu, 25 Desember 2011

250211-jumat(sabtu)-islam & keberagaman


Photo: Drs.M.Ilham Masykuri Hamdie, M.Ag

ISLAM MENGHORMATI KEBERAGAMAN

BANJARMASIN - Melalui nilai-nilai universal dalam agama, maka agama-agama dapat bertemu satu sama lainnya. Dan bagi umat beragama, adalah mengedepankan titik temu dari agama-agama, bukan sebaliknya memperbesar jurang perbedaan yang dapat membuka potensi konflik.
Menurut Drs.M.Ilham Masykuri Hamdie,M.Ag, pertengahan Pebruari yang lalu "Islam begitu menghormati keragaman, termasuk keragaman yang lalu "Islam begitu menghormati keragaman, termasuk keragaman dalam beragama. Tetapi kenapa umat manusia, yang berarti juga umat beragama tidak mau menerima perbedaan.
Ajaran-ajaran permusuhan dengan orang berbeda keimanan yang bersumber dari sejarah peperangan agama-agama masih menjadi dasar dalam menjalin hubungan dengan agama lain, akhirnya ketegangan hubungan antar agama masih berlangsung hingga sekarang" ujarnya.
Ilham menyampaikan bahwa "menghormati perbedaan adalah bagian dari menjalankan ajaran keagamaan. Karena Tuhan begitu menghormati perbedaan. Jika Tuhan menginginkan semua umat manusia berada dalam satu agama, maka tentu sangat mudah Dia lakukan.
Tetapi Tuhan tidak menghendaki itu, Tuhan menghormati perbedaan dan melalui perbedaan itu setiap umat manusia diminta berlomba dalam melakukan kebajikan. Siapa yang paling banyak berbuat kebajikan, maka dialah yang paling dekat dengan Tuhan."
Selanjutnya Ilham, menjelaskan dasar dari keyakinan beragama, menurutnya "meyakini agama yang dianut sebagai agama yang benar adalah sebuah keharusan. Karena keyakinan atas agama yang dianut berhubungan dengan akidah.
Tetapi keyakinan atas kebenaran agama yang dianut bukan berarti harus menafikan kebenaran yang juga diyakini orang lain. Beriman dan yakin atas agama sendiri, tapi juga menghormati perbedaan keyakinan orang lain" pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar