Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

250411-senin(selasa)-disdik peringati hr kartini


Photo: mb/ara
HARI KARTINI – Guru-guru wanita se kota Banjarmasin mengikuti rangkaian lomba dalam peringatan Hari Kartini oleh Dharma Wanita Disdik Kota Banjarmasin Banjarmasin.

Lomba Nasi Goreng Bapak-Bapak Untuk Hari Kartini

BANJARMASIN – Tidak terhitung jasa para guru wanita dalam mencerdaskan putra-putri daerah. Jasa yang tidak cukup hanya diperingati satu tahun sekali.
Dengan Memperingati Hari Kartini Kita Tingkatkan Peran Serta Dharma Wanita Persatuan Dalam Mensukseskan Pendidikan Berkarakter, kalimat tersebut menjadi tema dalam kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, pada Sabtu 16 April 2011 yang lalu.
            Kegiatan lombanya sendiri antara lain, membuat kue puding dan berbusana muslim Kartini dengan peserta lomba dari pembina dan guru-guru wanita dari TK, SD, SMP dan SMA se kota Banjarmasin. Kalau sehari-hari dalam melaksanakan tugas sebagai guru harus berpakaian dinas, kali ini dalam lomba berbusana muslim Kartini, ibu-ibu guru bergaya bak pragawati, di depan semua tamu undangan.
            Kegiatan memperingati Hari Kartini semakin menarik, dengan adanya lomba membuat nasi goreng dari bapak-bapak.  Ditambah dengan penampilan seni dari siswa/i, sehingga membuat suasana menjadi semarak. Ada penampilan dramband, tari kuda gepang dari siswi SMPN 23 dan ditutup dengan parade angklung dari murid-murid SDN Kebun Bunga 5 yang membawakan lagu Ibu Kita Kartini.
             Sekretaris Daerah (Sekdako) Drs H Zulfadli Gazali MSi yang turut berhadir, mengatakan “atas nama pemeintah daerah menyambut gembira dengan kegiatan Dharma Wanita Disdik kota Banjarmasin, dalam memperingati Hari Kartini ini. Sehingga menambah rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan. Serta peran aktif wanita pada pendidikan formal dan dalam rumah tangga, adalah sangat penting untuk meningkatkan pendidikan anak-anak” ujarnya.
            Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kota Banjarmasin Drs Muhammad Amin MT, menambahkan “tiap laki-laki yang sukses, ada wanita yang kuat dibelakangnya. Wanita selain sebagai ibu rumah tangga, juga mempunyai peran yang sama dengan pria dalam kehidupan sesuai dengan kodratnya. Sejauh ini, guru-guru dan komponen pendidikan dari wanita untuk di kota Banjarmasin, sudah punya standar yang bagus”.
            Menanggapi tentang lomba membuat nasi goreng dari bapak-bapak, menurut Muhammad Amin “lomba membuat nasi goreng bapak-bapak, adalah untuk menunjukkan bahwa bapak-bapak itu, juga punya kemampuan membantu ibu-ibunya dalam mengurus rumah” katanya.
Dilain pihak dalam wawancara Mata Banua dengan Pembina Dharma Wanita se kota Banjarmasin, Hj Fathul Jannah Muhidin, berkata “dengan adanya acara peringatan Hari Kartini di Disdik ini, tentunya diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi kaum wanita untuk terus berkarya dan berperan aktif disegala bidang, baik keterampilan maupun bidang internal lainnya, tanpa mengenyampingkan kodratnya sebagai ibu rumah tangga, seperti yang sudah dipelopori oleh ibu kita Kartini.
Dan mudah-mudahan kedepannya kita bisa lebih memacu peran ibu-ibu dalam rumah tangga untuk mendidik anak-anaknya, agar lebih maju lagi meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Diadakannya lomba membuat nasi goreng bapak-bapak adalah untuk menunjukkan bahwa bapak-bapak juga bisa membantu para istri di dalam mengurus rumah tangga” ungkapnya.
Sementara itu, istri Kadisdik kota Banjarmasin Hj Sri Hastuti M Amin berharap agar kegiatan serupa bisa lebih ditingkatkan di tahun berikutnya dan akan dibuat lomba khusus untuk anak-anak.
Ia juga mengungkapkan rasa penghargaan yang besar untuk para guru wanita, yang telah memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anak. Kemudian katanya “semoga tidak ada lagi wanita yang tertinggal di kota Banjarmasin”. ara/mb05


Disetor pada 180411-senin(selasa)-tidak dimuat
Di setor kembali 250411 - dimuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar