Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 24 Desember 2011

260111-rabu(kamis)-banjar film.2

PENGEMBANGAN WAWASAN DALAM DISKUSI FILM

BANJARMASIN – Salah satu upaya dalam mengembangkan wawasan masyarakat untuk mengapresiasikan film dokumenter, serta menjadikan film dukumenter sebagai media untuk membahas isu-isu yang dihadapi masyarakat adalah melalui kegiatan pemutaran film dokumenter tersebut.
Salah satu kelompok yang aktif menyelenggarakan pemutaran film dokumenter adalah Komunitas Banjar Film. Cornelis Tonton Prasetyo pada Rabu (26/1) mengatakan “kami di Banjar Film bekerja sama dengan In-Doch untuk melaksanakan program screen Docs yaitu sebagai media listerasi melalui pemutaran film dokumenter dan diskusi.
Screen Docs sudah dijalankan di Jakarta dari 2002 dan antusiasme penonton cukup tinggi dilihat dari jumlah dan intensitas diskusi. Untuk kota-kota diluar Jakarta di mulai dari 2008, antara lain di Medan, Padang, Jambi, Banda Aceh, Palu, Kendari, Makasar dan Pontianak.
Tujuan dari Screen Docs pada dasarnya adalah untuk mengajak masyarakat luas mengapresiasi film dokumenter, melakukan diskusi tentang isu-isu yang diangkat dalam film dokumenter, dan memberikan gambaran tentang perkembangan film dokumenter, serta bagaimana memulai proses pembuatan film dokumenter” ujarnya.
Disebutkannya “untuk kota Banjarmasin Screen Docs dimulai dari 22 Desember 2010 yang lalu bertempat di panggung terbuka Taman Budaya Banjarmasin. Film-film dokumenter yang diputar saat itu bertemakan Gender. Screen Docs akan kita laksanakan sebanyak 6 kali, satu kali Screen Docs setiap bulan dalam waktu 6 bulan.
Kali ini Screen Docs bulan ke-2 akan dilaksanakan pada Sabtu 29 Januari 2011, yang bertempat di halaman sekretariat Dewan Mahasiswa Unlam Banjarmasin. Tema yang diusung dalam pemutaran film-film dokumenter kali ini adalah Tuna Grahita atau cacat mental.
Acara Screen Docs terbuka untuk umum dan gratis. Siapa saja entah itu pelajar, mahasiswa, LSM, aktivis, pecinta dan pemerhati film, silahkan datang. Mari kita sama-sama berbagi wawasan” pungkas Cornelis. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar