Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

290411-jumat(sabtu)-SD angklung (Dm.020511)


Photo: mb/ara
ANGKLUNG – Penampilan musik angklung SDN Kebun Bunga 5 dalam acara peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin

Tingkatkan Pelatihan Seni

BANJARMASIN - Keseimbangan antara pendidikan seni dan pendidikan lainnya, menjadi faktor peningkatan kecerdasan dan kreatifitas anak. SDN Kebun Bunga 5, berada di lingkungan Aspol Bina Brata Km 4,5 Banjarmasin, menerapkan sistem pendidikan keseimbangan seperti ini.
            Perkembangan anak-anak didik diperlihatkan oleh SDN Kebun Bunga 5, yang menampilkan kebolehan murid-muridnya dalam memainkan musik angklung, pada acara peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, pada Sabtu 16 April 2011 yang lalu, yang bertema Dengan Memperingati Hari Kartini Kita Tingkatkan Peran Serta Dharma Wanita Persatuan Dalam Mensukseskan Pendidikan Berkarakter.
            Lagu yang dibawakan dalam musik angklung tersebut adalah Ibu Kita Kartini. Penampilan yang sempat menyita perhatian tamu yang datang pada acara tersebut.
Pujian yang juga diberikan oleh Sekdako Drs H Zulfadli Gazali MSi, Kadisdik kota Banjarmasin Drs Muhammad Amin MT, Hj Fathul Jannah Muhidin, Hj Sri Hastuti M Amin serta tamu undangan lainnya.
            Menurut Herliansyah dari PGSD, pelatih angklung SDN Kebun Bunga 5 pada Sabtu (9/4) mengatakan “anak-anak baru dua bulan ini berlatih angklung, yaitu setiap Sabtu dari pukul 14.00 hingga pukul 17.00 sore. Skill dan pengenalan nada dari anak-anak cukup cepat, dengan waktu latihan yang singkat, mereka sudah bisa memainkannya. Walau bagi saya, hasil yang dicapai ini masih belum maksimal” ujarnya.
            Hj Rusmadiyah SPd, sebelumnya dari 1994 adalah pengajar di SDN yang ada di Samping Duta Mall “aku adalah guru yang tergusur, katanya sambil bercanda.
            “Kemudian, ada tawaran boleh memilih pindah, jadi aku memilih sekolah yang tidak jauh dari rumah tempat tinggal, di Bina Brata. Maka dari Juli 2010 sd Maret 2011, aku bertugas di SDN Kebun Bunga 5 sebagai PLT, dan baru pada April 2011 diangkat sebagai Kepsek.
            Dalam acara petingatan Hari Kartini ini, sebenarnya kami juga ingin menampilkan tari-tarian, tapi karena sudah ada sekolah lain yang akan menampilkan tari-tarian, maka kami pilih menampilkan musik angklung saja. Ini adalah tampilan perdana dari SDN Kebun Bunga 5” ujarnya.
Lanjut Rusmadiyah “peminat kesenian dari anak-anak sangat banyak, dalam latihan mereka sangat antusias, hanya tinggal menyeleksi mana yang lebih baik. Semua kegiatan di sekolah sangat didukung oleh orang tua murid.
Latihan seni di SDN Kebun Bunga 5, selain dari angklung juga ada tari-tarian daerah seperti tari Radap Rahayu, tari Jepen dll. Untuk tarian Nasional ada latihan tari Bali, pelatihnya berasal dari PGSD. Kami juga mengembangkan minat baca anak-anak, meskipun dengan modal perpustakaan yang pas-pasan.
Menyikapi masalah pendanaan kegiatan, kita saling membantu dengan orang tua murid, semua demi kemajuan sekolah. Sehingga berkat kerjasama semua pihak, semuanya lebih mudah dijalani” katanya.
            Dilain pihak, menanggapi penampilan seni dari siswa/i, Kadisdik kota Banjarmasin Drs Muhammad Amin MT, mengatakan “anak-anak kita yang tampil tadi (dramband, tari kuda gepang siswi SMPN 23 dan parade angklung murid-murid SDN Kebun Bunga 5) atas keinginan mereka sendiri untuk mengisi acara, dan apa yang sudah mereka latih kita salurkan di acara ini.
Yang semua tentunya atas binaan guru-guru mereka untuk memperlihatkan bahwa latihan mereka ada hasil, dan kami akan terus memotifasi mereka untuk lebih giat lagi berlatih. Sehingga pada setiap kesempatan, mereka bisa terus kita tampilkan. Hal seperti ini juga berlaku bagi sekolah lain di kota Banjarmasin” ujarnya.
Sementara itu, Hj Sri Hastuti M Amin berharap agar kegiatan serupa di Hari Kartini, bisa lebih ditingkatkan di tahun berikutnya dan dibuat lomba khusus untuk anak-anak. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar