Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 23 Desember 2011

301210-kamis(jumat)-LP2M.lomb.pidato

LOMBA PIDATO DAN VOKAL GROUP TUTUP TAHUN

BANJARMASIN – Lembaga Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M), melalui lomba pidato dan vokal group se-kota Banjarmasin berusaha meningkatkan kesadaran pelajar SLTA akan ketahanan kebangsaan, dan menumbuhkan kecintaan pada lagu wajib nasional serta lagu daerah Banjar.
Rizani, ketua panitia menjelaskan “Lomba Pidato dan Vokal Group tingkat SLTA/ sederajat se-kota Banjarmasin yang diselenggarakan pada hari ini (30/12) di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Banjarmasin, adalah kerjasama LP2M dengan Kesbangpol Linmas Provinsi Kalsel. Dengan dewan juri yaitu M R Reviansyah, Rudi Karno dan Supriadi.
Sedangkan pilihan lagu dalam lomba vokal group, katanya” untuk lagu wajib nasional yaitu Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Bagimu Negeri, Syukur, Indonesia Pusaka, Tanah Airku, dan Bangun Pemudi Pemuda.
Pilihan lagu daerah Banjar, antara lain Paris Berantai, Saputangan Babuncu Ampat, Ampat Lima, Anak Pipit, Nasib Tambangan, Karindangan, Mancari Si Jantung Hati, Manuntut Janji dan Burung Bilatuk.
Peserta pidato ada 20 orang dan untuk vokal group ada 8 kelompok tapi yang mengambil nomor urut ada 4 kelompok. Untuk hadiah akan mendapatkan piala dan penghargaan serta uang pembinaan yang untuk juara satu se 1.5 juta rupiah” ujarnya.
Di sela-sela istirahat makan siang, salah satu juri M R Reviansyah yang juga menjabat sebagai Kabid Kesatuan Bangsa, Badan Kesbangpol Linmas mengungkapkan “Kesbangpol Linmas pungsinya adalah untuk membina kesatuan dan persatuan bangsa yang tentunya dalam kegiatan kali ini bersenergi dengan kegiatan LP2M. 
Penilaian saya dalam lomba pidato lebih kepada isi dari pidato tersebut, yang sesuai dengan tema yang telah kita tentukan, yaitu tema pertama, memelihara kerukunan antar ummat beragama sebagai benteng ketahanan bangsa. Tema kedua, mempertahankan dan mengembangkan seni budaya daerah menuju bangsa yang maju dan bermartabat. Tema ketiga, dengan akhlaqul karimah kita bina persatuan dan kesatuan bangsa.
Begitu pula dengan penilaian pada vokal group, yaitu bagaimana peserta menghayati lagu nasional dan lagu daerah yang dinyanyikan’ ungkap Reviansyah.
Pada sorenya, panitia mengabarkan hasil penjurian dengan Mata Banua “Pemenang dari Lomba Pidato, yaitu juara satu diraih oleh Megawati dari SMAN1, juara dua oleh Najmi Wahyu  Ghifary dari SMAN7, juara tiga Rezeki Nurul Aida dari SMAN10. Harapan satu diraih oleh Aulia Rahman dari SMKN1, harapan dua Kartika dari SMAN1, harapan 3 Ibnu Ramadhan dari SMAN13, harapan empat Aulia Gusman dari SMAN10, harapan lima Gajali Rahman dari Man3, dan harapan enam Andi Raudatul Adawiyah dari SMAN10.
Pemenang dari Lomba Vokal Group, yaitu juara tiga dari SMKN1, harapan satu SMAN1, harapan dua SMAN12. Sedang juara 1 dan 2 menurut dewan juri tidak ada yang memenuhi kreteria”katanya.
Setelah dikonfirmasi ulang dengan dewan juri mengenai alasan tidak adanya juara satu dan dua, katanya” yang dilombakan ini adalah vokal group, sedang peserta membawakan lagunya dengan gaya paduan suara, sehingga sebagai penghargaan kepada peserta hanya diberikan pemenang ke tiga, harapan ke satu dan harapan ke dua” pungkas salah satu dewan juri. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar