Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

060511-Nanang Galuh Banjarmasin


Photo: mb/ara
NAGA - Pengarahan umum 124 peserta Naga kota Banjarmasin di Hotel Roditha pada Minggu 15 Mei

Photo: Kawang Yoedha SH

Naga 2011 Perannya Lebih di Berdayakan

BANJARMASIN – Nanang Galuh (Naga) kota Banjarmasin 2011 diharapkan perannya lebih dipungsikan dan di berdayakan dengan maksimal, sehingga tidak hanya sebagai gelar simbolis saja.
            Kawang Yoedha SH, koordinator juri Naga kota Banjarmasin 2011, beberapa hari yang lalu, Jumat (6/5) sore seusai rapat kordinasi dewan juri, ia menuturkan kepada Mata Banua “selama ini, kami melihat peran Naga lebih banyak hanya sebagai gelar simbolis, sehingga untuk 2011 dan tahun selanjutnya, kami berharap pungsi dan peran mereka lebih diberdayakan dengan baik, oleh pemerintah kota dan dinas pariwisata.
Kalau tahun sebelumnya, peserta hanya di wawancara tanpa ada pembekalan, tapi tahun ini ada pembekalan yang di mulai dari di semi final dan saat di final. Pembekalan dengan berbagai disiplin ilmu seperti pengetahuan umum/ issue global dan budaya Banjar, pengembangan bakat dan talenta, komunikasi bahasa Inggris, kepariwisataan, busana Banjar, tatarias, penampilan, cara sujud adat Banjar, etika penampilan, etika wawancara, talenta, dll.
Sehingga Naga yang terpilih akan benar-benar bermutu, yang tidak hanya cantik saja. Karena, pabila hasilnya tidak bagus yang disalahkan adalah jurinya. Naga terpilih adalah juru bicara daerah sebagai duta wisata, tentunya kualitas kehumasannya harus lebih baik dan mempunyai wawasan yang lebih luas” ujarnya.
Kawang melanjutkan “kami harapkan Naga terpilih mampu sebagai juru bicara, terutama dibidang pariwisata. Selain itu, mereka juga harus menguasai salah satu bidang seni, entah tari, entah alat musik tradisional ataupun yang lainnya.
Pemilihan Naga tidak lagi dua tahun sekali, dari 2011 ini akan dilaksanakan satu tahun sekali, agar kompetensi peserta lebih bersaing dan mereka bisa lebih mengikuti perkembangan trend wisata yang terus berubah setiap tahunnya” katanya.
Pada bagian akhir perbincangan Kawang memberikan jadwal seleksi Naga, yaitu: Minggu, 15 Mei dari pukul 08.30 wita, pengarahan umum di Hotel Roditha Banjarmasin. Senin, 16 Mei dari pukul 08.30 wita, babak penyisihan di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin. Jumlah peserta Naga ada 124 orang yaitu 77 laki-laki dan 47 wanita, yang terdiri dari 70 persen mahasiswa dan 30 persen dari pelajar dan umum.
Semi final dengan jadwal kegiatan yaitu: Kamis, 19 Mei dari pukul 08.30, pengarahan/ pembekalan. Sabtu, 21 Mei pukul 08.30 wita, wawancara di Aula Kayuh Baimbai Pemko. Minggu, 22 Mei dari pukul 08.30 wita, latihan blocking untuk penampilan busana Naga di lobby bawah Pemko Banjarmasin. Senin dan Selasa, 23-24 Mei dari pukul 20.00 wita, penampilan di lobby bawah Pemko Banjarmasin.
Babak final dengan jadwal kegiatan yaitu: Rabu, 25 Mei dari pukul 08.30 wita, pengarahan di Aula Kayuh Baimbai Pemko. Kamis, 2 Juni dari pukul 08.30 wita, pembekalan di Aula Kayuh Baimbai Pemko. Jumat, 3 Juni dari pukul 08.30 wita, wawancara di ruang Meeting Hotel. Selama 15 hari dari 12 Juni sd 16 Juli, latihan Blocking dan tari finalis Naga. Hingga akhirnya grand final pada Sabtu, 16 Juli dari 20.00 wita di Grand Palace Restaurant. ara/mb05


Tidak ada komentar:

Posting Komentar