Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Senin, 16 April 2012

250312-minggu(senin)-nyepi hindu di Bjm.doc



Photo: mb/ara
NYEPI – Prosesi ritual perayaan Hari Raya Nyepi di Pura Agung Jagat Natha provinsi Kalsel di jalan Gatot Subroto Banjarmasin

Keragaman Agama Dan Persaudaraan Dalam Nyepi

BANJARMASIN – Kita Adalah Satu, Keragaman Agama Dan Persaudaraan Sesama Umat Beriman Mewujudkan Kedamaian Dan Kesejahteraan, menjadi tema perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934.
Menurut I Ketut Artika, Ketua PHDI Kalsel (periode 2011 – 2016), kepada Mata Banua pada Kamis (22/3) sore, menjelang prosesi ritual perayaan Hari Raya Nyepi di Pura Agung Jagat Natha provinsi Kalsel di jalan Gatot Subroto Banjarmasin. Bahwa dalam hidup sudah pasti ada keinginan. Keinginan yang tidak terkendali yang akan mengarah pada penyimpangan.
Tujuan hidup dalam agama Hindu, disebut Catur Purusarttha (empat tujuan akhir). Tujuan hidup yang pertama adalah Dharma, kedua adalah Artha, ketiga adalah Kama, dan yang keempat adalah Moksa, yaitu pembebasan akhir dari keinginan. Memperoleh moksa dianggap pencerahan dan kebebasan. Ada empat jalan untuk menuju  Moksa, yaitu pengetahuan, tindakan, pengabdian dan penolakan.
Ketut Artika menghimbau umat hindu di Kalsel, untuk intropeksi diri, mawas diri, mempertebal keimanannya, kerukunan agamanya, baik intern dan antar agama.. Jika tahun lalu suka curang, emosional, berjanji tanpa bukti, korupsi besar atau kecil, maka berbuat baiklah di tahun depan. Kendalikan diri, merenungi kehidupan yang lalu, untuk hari esok yang lebih baik.
Abila perlu, mari semua agama bersembayang bersama, tentunya degan cara masing-masing. Lalu berkumpul bersama dan berdoa, semakin sering dilaksanakan  semakin bagus. Karena dengan kebersamaan akan semakin lebih baik.
            “Tidak lupa kami mendoakan saudara-saudara kita yang mendapat musibah air pasang di Tanah Bumbu. Berdoa utuk keamanan semua makhaluk hidup yang ada, mudah-mudahan semua alam semesta selalu bersahabat dengan kita semua”ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar