Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Selasa, 16 Agustus 2011

MB - Kunjungan Utusan Kedubes Amerika Di Pesta Bloger Kalsel

BANJARMASIN – Terlepas dari rangkaian acara Mini Pesta Blogger yang di adakan di Banjarbaru pada hari Sabtu (2/10) yang lalu,  Utusan dari Kedutaan Besar Amerika, Aurelia Augustine untuk Indonesia juga menyempatkan diri untuk melihat obyek wisata Pasar Terapung di Kuin.
Sementara itu setiap event yang dilaksanakan tentu ada kisah tersendiri dari orang-orang yang bekerja keras untuk terlaksananya suatu kegiatan, tapi mereka bukanlah dari panitia yang tedaftar maka tak ada pula ucapan terimakasih secara formal bagi mereka karena luput dari sorotan media publikasi.
Mengenai kunjungannya ke Kalsel, Aurelia Augustine menuturkan “saya sangat senang disini, karena orang-orangnya sangat bersahabat. Saya melihat bagaimana situasi Pasar Terapung, itu sagat bagus sekali, tapi karena saya baru melihatnya saya tidak bisa berkomentar banyak.
Saya juga mengunjungi Fisip Unlam Banjarmasin, disana saya berdialog dengan mereka, sambutan mereka sangat baik.Kemudian saya mengunjungi Pesantren Rasyidiah di Amuntai, di sana saya berdialog tentang Islam yang ada di Amerika, santri-santrinya sangat antusias begitu juga dengan guru-gurunya.
Di Kedubes Amerika kami banyak punya program beasiswa terutama beasiswa pertukaran budaya. Untuk Kalsel, di lain kesempatan saya akan kembali berkunjung, untuk lebih banyak melihat obyek wisata yang ada di sini, dan belajar banyak tentang budayanya” kata Aurelia melalui orel  penerjemahnya yang cantik.
Pesta Bloger yang disponsori oleh Kedubes AS, mempunyai rangkaian acara di 10 kota di Indonesia, salah satunya yang dilaksanakan di Banjarbaru dan sebagai panitia pelaksana di , Banjarbaru adalah Komuntas Blogger Kayuh Baimbai Kalsel.
Iryani Queencyputri ketua Pesta Bloger pusat tahun 2010 dari Jakarta, berkata “rangkaian Blogshops sendiri diadakan untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia aktif menggunakan media sosial, termasuk blog, dengan tujuan untuk mendorong perubahan positif di dalam masyarakat” ujarnya.
 Menjawab pertanyaan Mata Banua tentang kebebasan dalam dunia maya, sehingga banyak para blogger memuat tulisan, yang terkadang menyerempet masalah sosial sesitif seperti SARA, Irayani menjawab “masing-masing blogger punya rambu-rambu sendiri, dengan adanya postingan negatif, maka juga akan muncul postingan yang bernada positif. Oleh karena itu kita juga menghimbau, agar mereka menggunakan media internet secara positif” katanya.
Mengenai kegiatan Pesta Mini Blogger di Banjarbaru yang telah dilangsungkan, Ketua Blogger Kayuh Baimbai Kalsel, Harie Insani Putra menceritakan “acara pertama pada Sabtu pagi dimulai dengan Blogshop dengan tema Pengenalan Blogging dan Social Media bagi Pendidikan, dilaksanakan di Kampus STMIK Banjarbaru, diikuti oleh. 35 pengajar perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.
Malam Minggunya ada acara pertemuan para komonitas blogger yang ada di Kalsel, dilaksanakan di aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, dan dihadiri pula oleh Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fazar Nuzuli.
Dibalik suksesnya kegiatan ini, salah satu pendiri Kayuh Baimbai, Karbone menuturkan, “susah mengatur panitia-panitia yang ada ini, maunya terima beres saja, aku yang bukan panitia malah yang terkena getahnya, harus menyiapakan 70% semua urusan rangkainan acara dari awal hingga akhir, sampai tidak tidur beberapa malam
Kalau bukan karena Harie, mana aku mau mengerjakannya.. Setelah kegiatan ini, perlu dibuat peraturan, yaitu bila ada kegiatan dan tidak beres bekerja sebagai panitia, maka tidak akan mendapat kartu anggota bloger Kayuh Baimbai” katanya dengan nada marah dan mata kuyu kelelahan kurang tidur.
Ibnu rekan Karbon yang juga anggota blogger, menyahut “harus ada kedisiplinan ditegakkan, agar yang muda-muda bisa belajar, bagaimana caranya menyiapkan suatu kegiatan dengan konsisten dan ini adalah aturan wajib dalam organisasi” pungkasnya. ara/mb05

-----------------
Di setor Minggu, 03 Oktober 2010
Di muat Senin, 04 Oktober 2010/ 25 Syawal 1431 H
- dengan judul Pesta Bloger Dihadiri Utusan Kedubes AS
- kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar