Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Kamis, 29 September 2011

Demonstrasi Serentak Se-Indonesia

BANJARMASIN –Tepat pukul 10.00 Wita, pada Rabu (20/10), ratusan mahasiswa yang telah berkumpul sejak pagi di halaman gedung KNPI Banjarmasin, mulai bergerak dalam sebuah konvoi kendaraan.
Satu peserta demonstran dari BEM STIMIK Banjarmasin, menjelakan ”demonstrasi hari ini kami beri nama Gerakan Pemuda Kalsel Oktober 2010. Demonstrasi serentak dilakukan seluruh Indonesia, dalam rangka menyikapi satu tahun pemerintahan Presiden SBY.
Menurut kami, dalam Bidang Ekonomi, pemerintahan SBY gagal mempertahankan kekuatan prekonomian nasional. Bahkan perekonomian industrialisasi lebih didominasi oleh asing. Serta semakin meningkatnya hutang luar negeri Indonesia.
Bidang Hukum, tidak adanya prestasi di kelembagaan pemberantasan korupsi (KPK), semakin kuatnya para oknum mafia hukum, serta menghilangnya kasus century tanpa ada kepastian hukum.
Bidang Politik dan Pertahanan, kedaulatan bangsa telah dipermalukan oleh bangsa lain. Terutama kasus perbatasan antara RI dan Malaysia, yang menunjukkan sikap tidak tegasnya kepemimpinan SBY.
Bidang Sosial Budaya, mental dan jiwa nasionalisme bangsa yang semakin luntur. Jalur kekerasan dan penindasan mengalahkan budaya leluhur bangsa, yaitu musyawarah untuk mencapai mufakat.
Bidang Pendidikan, anggaran pendidikan 20% dari pemerintah tidak terealisasi dengan baik” ujarnya.
Di mulai dari halaman gedung KNPI, demonstran bergerak ke gedung RRI Banjarmasin, di depan pagar RRI demonstran bergantian berorasi, setelah itu mereka melanjutkan konvoi ke gedung TVRI.
Di dua tempat ini mereka menyampaikan tuntutannya dan minta untuk disiarkan, yang selanjutnya dipersilahkan oleh pimpinan RRI dan TVRI, agar perwakilan demonstran membacakannya sendiri dalam siaran langsung.
Aksi demonstrasi di kawal ketat oleh aparat kepolisian, yang telah menyiagakan personil Brimop polda 1 kompi, polmas polda 1 kompi, potabes samapta 1 kompi, lalu lintas 1 kompi, dan kompi gabungan polsek 2 kompi. Jumlahnya kurang lebih sekitar 600 orang aparat.
            Kordinator Lapangan Demonstrasi, Fajri dari KAMMI mengatakan “demonstrasi ini adalah gabungan dari beberapa organisasi mahasiswa, yang ada di beberapa Perguruan Tinggi di Banjarmasin. Seperti KAMMI, PMII, GMKI, NKRI, AMAT, KOMPAK, BEM Stimik Banjarmasin, BEM Fakultas Hukum Unlam Banjarmasin dan BEM Uniska Banjarmasin.
Kami tidak akan berhenti disini saja tapi kami akan terus mengikuti dan memantau perkembangannya” ungkapnya.
Karena tuntutan telah disampaikan, sekitar pukul 11.30 Wita, demonstran membubarkan diri dengan tertib untuk kembali kekampusya masing-masing. ara/mb05

-----------------
Di setor Rabu, 20 Oktober 2010
Di muat Selasa, 21 Oktober 2010/ 13 Dzulkaidah 1431 H
-         dengan judul Unjuk Rasa Wujud Demokrasi
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar