Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 23 September 2011

LDK BEM Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin

BANJARMASIN – Membangun Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Islam yang Kompeten, Profesional, dan Visioner, menjadi tema dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) mahasiswa. LDK dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin, selama empat hari.
M.Surya Rifqi, Ketua Panitia Pelaksana LDK, pada Kamis (14/10) siang menjelaskan “kegiatan dibagi menjadi dua pelaksanaan yaitu materi ruangan selama dua hari, bertempat di Aula PSB IAIN Antasari, dan materi lapangan selama dua hari, bertempat di Mandi Kapau Riam Kiri.
Materi ruangan, pada Kamis dan Jumat di isi dengan pemaparan makalah dari Dosen IAIN Antasari dan makalah dari Alumni BEM Fakultas Tarbiyah. Materi makalah utama oleh Prof Dr Mahyudin Barni MAg, yang judul makalahnya dijadikan tema kegiatan.
Sedangkan makalah lain yaitu, Manajemen dan Administrasi Organisasi Menuju Tatanan Kelembagaan Profesional dan Berkualitas, Membangun Komunikasi yang Efektif dan Efisien dalam Sebuah Organisasi, Teknik Dasar Analisis SWOT dan Staratak dalam Pencapaian Visi Organisasi
            “Materi lapangan, pada Jumat sore kita berangkat ke Mandikapau. Di sana sesuai jadwal pada Sabtunya masih ada satu makalah yang akan diberikan yaitu dengan judul Managemen Soft Dimension (Motivasi Orientasi, Nilai, Sikap, dan Simbol) dalam Menjalankan Kepemimpinan” katanya.
Selain materi, dari Kamis hingga Minggu juga di isi dengan beragam kegiatan  secara berkelompok dan praktek, seperti Dinamika Kelompok, Follow Up, Praktek Persidangan, Discussion Group, Sharing Fungsionaris BEMFT, Ajang Kreatifitas, Emotional Comitment, serta Wide Game pada hari terakhir.
Peserta pelatihan ini nantinya akan menjadi pengurus BEM Fakultas Tarbiyah. Dibanding tahun lalu jumlah peserta memang ada penurunan, kalau tahun kemaren dibuka pendaftaran untuk 100 orang dan semuanya diluluskan.
Tapi tahun ini kami lebih selektif, tidak semua peserta yang mendaftar diluluskan untuk mengikuti pelatihan, jadi hanya 79 orang. Sebagian peserta dari mahasiswa baru sekitar 50% dan sisanya mahasiswa lama yang belum mengikuti latihan kepemimpinan. 
Semua peserta diwajibkan untuk membuat makalah tentang kepemimpinan dan makalah tersebut akan dipertanggung jawaban atau disidangkan, kami juga akan memilih makalah dari peserta yang terbaik.
Apabila ada peserta yang tidak mengikuti atau ketinggalan dua materi yang dipaparkan, maka tidak akan kami luluskan, dan tidak bisa menjadi pengurus BEM” ujar Mahasiswa semester 7 Fakultas Tarbiyah ini, kepada Mata Banua. ara/mb05

-----------------
Di setor Jumat, 15 Oktober 2010
Di muat Kamis, 21 Oktober 2010/ 13 Dzulkaidah 1431 H
-         dengan judul Membangun Karakter Mahasiswa
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar