Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 17 September 2011

Festival E-Pendidikan Kalsel

BANJARMASIN- Balai Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Dinas Pendidikan (Disdik) Kalsel, mengadakan beragam kegiatan lomba yang bertemakan pendidikan dan teknologi, yang dinamakan Festival E-Pendidikan.
Kegiatan dilaksanakan di Taman Budaya (TB) Kalsel, selama tiga hari, di mulai dari Minggu 10 Oktober sd 12 Oktober 2010. Selain itu juga di laksanakan pameran dan bazar yang diikuti oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di kota Banjarmasin.
            Dari Pantauan Mata Banua dalam Festifal E-Pendidikan, pada Selasa (12/10) kegiatan sudah ditutup, namun karena masih ada satu rangkaian kegiatan yang belum di selesaikan, yaitu Kuis KIHAJAR yang bertempat di ruangan Gemilang Kaca TB Kalsel.
Menurut keterangan salah satu guru, yang saat itu mendampingi murid-muridnya, dalam mengikuti Kuis KIHAJAR, “seleksi tahap kedua untuk 35 siswa-siswi SMP peserta kuis yang tersisa, akan dilanjutkan pada Rabu pagi di Aula Disdik Kalsel. Sebab, semenjak pagi hingga sore ini, anak-anak sudah kelelahan“ujarnya.
Di lain pihak, Kepala BTIKP, Chairul Saleh mengatakan “event seperti ini akan kami laksanakan setiap tahun, sebagai media evaluasi sejauh mana hasil dari Diklat yang kita lakukan pada mereka. Sedangkan untuk tahun ini, karena merupakan baru pertama kami melaksanakannya, tentunya masih banyak kekurangan, alhamdulillah teman-teman peserta juga bisa memakluminya.
Tujuan Festival E-Pendidikan, adalah untuk mendorong dan menumbuhkan kometmen bersama, akan pentingnya pengembangan dan pemanpaatan TK, pada semua jajaran di Kalsel. Dan sudah terlihat hasilnya, dari semangat guru dan siswa yang mengikuti kegiatan, bahwa mereka memang insan-insan yang siap berkompetisi” katanya.
Hasil akhir dari Festival E-Pendidikan, pada Rabu (13/10) siang, Hasbi Salim panitia pelaksana kuis KIHAJAR dari BTIKP, menjelaskan “pemenang Kuis KIHAJAR, peringkat 1 di raih oleh Theo Surya Edoardo (SMPN 31), peringkat 2 – Firdy Yantama (SMPN 1), peringkat 3 – Luthfia Haq (SMPN 1).
Pemenang lomba Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK (bagi guru), untuk tingakat SD diraih oleh Exan Rosyadi dari SDN Bangkal 2, dengan judul karya Pesawat Sederhana. Untuk tingkat SMP diraih oleh Sunardi MPd dari SMPN 1 Banjarmasin, dengan judul karya Pembiasan Cahaya pada lensa cembung. Untuk tingkat SMA/SMK diraih oleh  Gusti dari SMKN 1 Batu Mandi, dengan judul karya Mari belajar animasi.
Pemenang lomba Desain Web dan Blog untuk tingkat SMA/MA/SMK, peringkat 1 diraih oleh SMAN 7 Banjarmasin, peringkat 2 – SMAN 1 Amuntai dan peringat 3 – SMAN 1 Kusan Hilir (Tanah Bumbu).
Untuk tingkat SMP/MTs, peringkat 1 diraih oleh SMPN 1 Banjarmasin, peringkat 2 – SMPN 4 Paringin, dan peringkat 3 – SMPN 6 Banjarmasin.
Sedang untuk tingkat SD, hanya diikuti dua sekolah yaitu SDN Pekauman 1 Banjarmasin dan SDN Internasional kabupaten Banjar”.
Menurut Hasbi “salah satu dari pemenang kuis KIHAJAR dan pemenang Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK, akan kami kirim untuk mewakili Kalsel, mengikuti lomba tingkat nasional pada 26 sampai 27 Oktober.
Khusus pemenang kuis KIHAJAR akan kita bila lagi sebelum nantinya di kirim ke tingkat nasional” pungkasnya. ara/mb05

-----------------
Di setor Rabu, 13 Oktober 2010
Di muat Sabtu, 16 Oktober 2010/ 08 Dzulkaidah 1431 H
-         dengan judul Pemenang E-Pendidikan Diumumkan
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar