Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Kamis, 29 September 2011

Workshop Teater SMAN 4 Banjarmasin

BANJARMASIN – Untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi dalam seni peran, SMAN 4 Banjarmasin yang beralamat di Teluk Tiram, mengadakan workshop teater bagi anggota Sanggar Teater Balai Kencana. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu sore (23/10) hingga Minggu siang.
Materi workshop yang diberikan selain seni peran, juga diajarkan bagaimana memanajemen suatu sangar. Dari 17 peserta dibagi menjadi 3 kelompok, tiap kelompok akan menampilkan sebuah pementasan singkat, atas apa yang sudah dipelajari dan dilatih bersama-sama selama workshop.
Menurut Indri Yuslianti SPd, pembina Teater SMAN 4 “semenjak Sanggar Teater Balai Kencana dibentuk tahun yang lalu (2009), sangatlah banyak terlihat hal positif dari pelajar, yang bergabung dalam sanggar teater. Baik itu dari rasa percaya diri maupun kemampuan mereka dalam menangkap pelajaran”
Drs IGN Sugiri, pembina OSIS SMAN 4, menambahkan “dukungan dari sekolah untuk sanggar teater, cukup besar. Tetapi karena beragamnya pilihan ekstra kulikuler lain dalam sekolah, sehingga anggota sanggar teater tidak terlalu banyak.
Namun yang kita harapkan dari sanggar yang yang ada ini, bisa lebih menunjukkan kualitasnya, dari pada kuantitas. Itu sudah mereka buktikan ketika tahun lalu, mereka bisa meraih juara dalam salah satu lomba teater di Banjarmasin, untuk tingkat pelajar” ujarnya.
Di lain pihak, beberapa perserta workshop menceritakan, bahwa pada awalnya hanya ingin tahu dan coba-coba bagaimana itu teater, tapi setelah bergabung dalam sanggar, mereka merasa sangat senang.
Karena banyak hal yang bisa mereka pelajari dan dilatih. Sehingga menimbulkan rasa percaya diri dan semangat untuk mengangkat nama baik sekolah. Selain itu terbit pula keinginan untuk lebih mengetahu bagaimana seni yang lain, terutama kesenian tradisional Banjar, lalu turut menampilkannya di pentas seni daerah maupun nasional.
Yadi Muryadi, Dramawan Kalsel yang memberikan latihan dan materi penokohan dalam workshop, berkata “untuk sejauh ini, kemampuan yang ditunjukkan peserta, sudah cukup baik. Memang anak-anak di sanggar ini masih baru, sehingga masih banyak yang harus mereka pelajari dan dilatih dengan tekun, terutama dalam penghayatan peran.”
Alfonso yang pada malam Minggunya memberikan materi manajemen seni, menambahkan “manajemen dalam seni, adalah sesuatu yang cukup penting bagi sebuah organisasi seni, begitu juga dalam suatu sanggar. Manajemen yang baik, akan meningkatkan kemampuan sanggar itu sendiri, baik dalam kegiatan ataupun dalam suatu event.
Tanpa manajemen, walau pementasan berjalan dengan baik di atas panggung, bisa saja membuat sanggar tersebut kacau dari dalam” pungkasnya. ara/mb05)

-----------------
Di setor Minggu, 24 Oktober 2010
Di muat Selasa, 26 Oktober 2010/ 18 Dzulkaidah 1431 H
-         dengan judul SMA 4 Gelar Workshop Teater
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar