Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Senin, 12 September 2011

Stand Poliban Di Minati Anak-Anak

BANJARMASIN – Selama tiga hari Politeknik Negeri (Poliban) Banjarmasin mengikuti Pameran dan Bajar yang dilasanakan oleh Balai Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Disdik Kalsel di Taman Budaya Kalsel, dimulai dari Minggu hingga Selasa (10-12 Oktober 2010).
Dalam Pameran ini, Jurusan Elektro Poliban menampilkan tema Robotikc. Beberapa robot karya masiswa dipajang di depan stand. Secara bergantian mahasiswa yang menjaga stand, memperagakan dan menjawab pertanyaan bagaimana membuat robot, serta mengajari pengunjung yang ingin belajar mengendalalikan robot yang dipajang.
Khalil, Pembimbing Himpunan Mahasiswa Elekto Poliban, pada Selasa (12/10) menjelaskan “animo dari pengunjung sangat luar biasa, paling ramai bila ada anak-anak yang datang, kemudian minta diperagakan. Bahkan ada yang minta dibuatkan dan minta diajarkan cara membuatnya.
Robot Pemadam api dan Robot KRI 2010, menjadi andalan dalam pameran. Dua robot ini sudah memperoleh prestasi juara dua kontes robot tingkat regional 2010.
Robot KRI 2010 mempunyai kemampuan menyusun balok, dalam bentuk pyramid. Sedangkan Robot Pemadam Api (Black Fire) adalah robot otomatis sederhana, yang mempunyai dua fungsi sekaligus. Ada sensor untuk mendeteksi garis dan sensor mendeteksi panas. Sehingga robot akan mengikuti garis dalam bilik, dan memadamkan api yang dia lewati didepannya.
Robot KRI 2010 diberi kepercayaan penuh, untuk menjalankan tugas yang telah di programkan, tanpa dikontrol oleh remote atau wireless apapun” ujar masiswa yang baru saja wisuda D3 Politeknik tahun ini dan ingin melanjutkan kuliah S1 di Brawijaya Malang jurusan elektronik
Menurut Khalil “untuk kegiatan selanjutnya, kami akan mengadakan Workshop Robotic di beberapa SMK yang ada di Banjarmasin. Rencananya dilaksanakan setelah mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Iregional Robotic pada Juni 2011, satu bulan sesudahnya kembali mengikuti KRI tingkat nasional. 
Sejauh ini, persiapan yang sudah dilakukan adalah riset-riset, dan percobaan program terhadap robot yang akan di ikutkan dalam kontes. Mudah-mudahan kali ini kita bisa kembali meraih prestasi” pungkasnya. ara/mb05

-----------------
Di setor Rabu, 13 Oktober 2010
Di muat Jumat, 15 Oktober 2010/ 07 Dzulkaidah 1431 H
-         dengan judul Poliban Suguhkan Robotic
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar