Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 05 Maret 2011

MB - Buka Puasa Bersama MAN1 Pada Penutupan Pesantren Ramadan di Guyur Hujan

BANJARMASIN – Setelah tiga hari siswa siswi MAN1 Banjarmasin mengikuti rangkaian kegiatan pesantren ramadan disekolahnya, pada Sabtu (21/8) mereka melakukan buka puasa bersama di halaman sekolah. 
Hujan yang turun dengan lebat mengguyur kota Banjarmasin membuat mereka memindahkan acara ke ruang kelas masing-masing, sehingga rencana sholat magrib yang juga direncanakan pada awalnya dilakukan di halaman sekolah juga harus pindah ke musholla.
Anwar, ketua panitia pesantren ramadhan MAN1 Banjarmasin, menjelaskan “pesantren ramadan dimulai dari hari Senin untuk kelas X, Rabu untuk kelas XI dan Kamis untuk kelas XII, pesertanya ada 550 siswa siswi dari semua kelas di MAN1 ini, acara ini gratis tanpa ada memungut biaya dari siswa siswi.
Materi yang diberikan antara lain: sholat duha, tadarus, ceramah agama, tanya jawab (diskusi) dan ditutup dengan sholat juhur bersama-sama. Sementara pada Sabtu pagi di isi dengan acara penyerahan bantuan kepada pesantren, yang sebelumnya setiap kelas sudah ditentukan perorang barang apa yang akan dikumpulkan.
Kelas X membawa susu kaleng dan 2 bungkus mie, kelas XI membawa sirup botol, dan kelas XI membawa 3 kg gula putih. Semua barang yang terkumpul ini diserahkan kepada panti asuhan al-Mujakkir di Benua Anyar dan panti asuhan Insanul Kamil di Kayu Tangi. Dan Sabtu sorenya ditutup dengan buka puasa dan sholat magrib bersama-sama” ujarnya.
Guru pengajar Kimia dan Wakamad kesiswaan ini melanjutkan “acara pesantren ramadhan selama 3 hari  ini dilakukan bergantian perkelas karena saat itu juga sedang melakukan pelatihan untuk guru di sekolah
Pelatihan untuk guru tersebut meliputi, yaitu Senin ada seminar, Rabu dan Kamis pelatihan administrasi. Pematerinya dari Kakandepak dan LPMP. Oleh karena itu katanya mereka kekurangan tenaga untuk mengawasi pesantren ramadhan siswa siswi.
Dengan pesantren ramadhan ini diharapkan untuk menjadi media pelatihan siswa siswi berdiskusi dan berbicara di depan orang banyak, menambah pengetahuan agama mereka,  mempunyai rasa kebersamaan dan tenggang rasa terhadap sesama muslim melalui bantuan kepanti asuhan yang dilakukan.
Setelah hari ini mereka libur, hingga masuk sekolah kembali pada 15 September” pungkasnya mengakhiri pembicaraan. ara/mb06


-----------------

Di muat Senin, 23 Agustus 2010/ 13 Ramadhan 1431 H
-         dengan judul Pesantren MAN1 Berakhir
-         kolom Marhaban Ya Ramadhan, Mata Banua halaman 16


Photo yang tidak dimuat - Sebagian dokumentasi ARAska


Tidak ada komentar:

Posting Komentar