Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 01 Juni 2012

080412-minggu(senin)-soal UN dari sekertaris Disdik prov.doc


Photo: Drs H Herman Taupan

Cetak Soal UN Wewenang Kemendekbud

BANJARMASIN – Tahun lalu (2011) untuk mencetak soal Ujian Nasional (UN) diserahkan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi masing-masing. Pada 2012, langsung ditangani oleh Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
            Saat ini soal UN sudah selesai dicetak, dan siap didistribusikan. Ada 4 percetakan yang memenangkan tender percetakan soal UN, yaitu percetakan di Riau, Kudus, Semarang dan Surabaya. Masing-masing percetakan melayani beberapa provinsi. Percetakan juga yang bertanggung jawab menyalurkan soal ke provinsi-provinsi.
Penekanannya adalah jaminan tidak adanya keterlambatan proses percetakan dan distribusi soal ke provinsi. Soal dijamin tidak akan bocor ditengah jalan, karena dari percetakan, turut mengawasi pula Pergurua Tinggi (PT), Disdik provinsi dan kepolisian. Lembaran soal untuk tiap provinsi berbeda, sehingga tidak akan bisa dibocorkan untuk provinsi lain. Ini untuk meminimalisir kebocoran soal dan contek massal.
Sekertaris Disdik provinsi Drs H Herman Taupan, pada Kamis (5/4) siang membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, apabila terjadi juga kebocoran soal UN, maka itu ada ditingkat pusat/ Kemendekbud.
Karena mencetak soal tidak lagi oleh provinsi, maka tugas Disdik provinsi menjadi lebih mudah. Pada 11 April nanti, soal UN akan datang ke Banjarmasin/ Disdik provinsi Kalsel. Serah terimanya disaksikan oleh PT dan Kepolisian.
Kemudian pada 13 April, soal UN akan didistribusikan ke Disdik kabupaten/kota di Kalsel, tugas selanjutnya ada di Disdik kabupaten/kota yang akan mendistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara UN.
Selanjutnya serentak secara nasional, pada 16 – 19 April pelaksanaan UN untuk SMA/MA, dan SMK dari 16-18 April. Ujian susulan untuk siswa SMA/MA yang berhalangan pada hari utama yaitu pada 23-26 April.
Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB pada 23-26 April. Ujian susulan SMP yaitu pada 30-4 Mei. Untuk jenjang SD/MI dan SDLB dilaksanakan pada 7-9 Mei, ujian susulan yaitu pada 14-16 Mei.
Pengumuman kelulusan untuk jenjang SMA pada 24 Mei, SMP pada 2 Juni, dan SD berdasarkan kewenangan masing-masing provinsi.
“Apabila proses distribusi soal ke Disdik kabupaten/kota selesai, berarti tugas Disdik provinsi hanya memonitoring pelaksanaan UN, yaitu apakah memang benar disekolah tersebut telah dilaksanakan UN. Untuk pengawasan UN nya adalah tanggung jawab PT, dan untuk Kalsel menjadi tanggung jawab Unlam” ujarnya kepada Mata Banua, saat ditemui diruang kerjanya di Disdik Provinsi Kalsel. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar