Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 01 Juni 2012

250412-rabu(kamis)-Mamfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan (di mozaik).doc


Photo: mb/ara
KESEHATAN – Buah siwalan atau buah lontar dan air niranya bermanfaat untuk kesehatan fungsi ginjal, mengobati penyakit impotensi, menambah air mani dan mempertajam pendengaran

Mamfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan

Eksplorasi manfaat buah-buahan lokal, sudah umum diketahui dapat meningkatkan nilai dari buah itu sendiri terutama nilai jualnya. M Saiful Bahri (penyair muda Pulau Madura) menuturkan dengan Mata Banua saat perjalanan di pulau Madura pada Jumat (20/4), mengenai manfaat buah siwalan untuk kesehatan.
            Buah siwalan atau buah lontar banyak terdapat di daerah-daerah pegunungan dan daerah-daerah yang berdekatan dengan laut. Biasanya orang mengambil buah ini untuk di makan langsung atau campuran minuman segar. Rasanya cukup enak seperti buah kolang-kaling atau daging kelapa muda.
            Ternyata siwalan bukan sekadar buah penyegar, melainkan juga disebut sebagai buah yang serba guna. Bagian buah tua untuk obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.
Manfaat bagian bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dipercaya untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.
Daging buah muda yang berwarna putih kaca/transparan. Daging buah dewasa/tua warna kuning kemudian berubah menjadi serabut. Buah siwalan merupakan sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.
Buah siwalan yang masih mudah mengandung cairan yang tinggi. Satu pohon siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Cairan buah siwalan rasanya manis bercampur asam, disertai aroma khas. Cairan ini biasanya diminum dalam keadaan segar dan sangat cocok sebaga minuman isotonic seperti minuman sintetik yang ada di pasaran, bahkan lebih bagus karena alamiah.
Nira siwalan atau legen sangat mudah terkontaminasi karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula, protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.
Selain menyegarkan, ternyata ditemukan beberapa fakta bahwa legen bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit impotensi dan menambah air mani. Tetapi perlu hati-hati dalam memilih legen, karena terkadang ada yang memalsukannya, dengan artian legen sintetik.
Untuk memastikan legen asli, biasanya berwarna seperti air kelapa namun lebih keruh, dan agak kental, serta rasanya manis tanpa ada pahit seperti bila minum minuman yang ngandung sakarin.
Legen akan menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan bila masih berusia 0 hingga 2 hari. Jika sudah lewat dari dua hari, maka legen akan berubah menjadi tuak muda yang akan memiliki kadar alkohol di bawah 2 persen. Semakin lama rentan waktu yang dilewati legen, maka semakin banyak pula kadar alkohol yang ada di dalamnya, yang artinya legen tersebut sudah menjadi tuak yang memabukkan.
Cara pengolahan buah siwalan untuk memperbanyak air mani, dan untuk mempertajam pendengaran, yaitu:
Ambil kira-kira 9 butir buah ental. Ambil daging buahnya, dan iris-irislah menjadi beberapa potongan kecil. Rebus irisan buah ental tersebut di atas perapian dengan menggunakan air secukupnya sampai mendidih.
Bila sudah mendidih, campurlah dengan garam dapur dan gula aren secukupnya. Setelah itu angkat dari perapian dan gula aren secukupnya. Setelah itu angkat dari perapian, lalu dinginkan. Minumlah air rebusan beserta daging buahnya setiap tiga hari sekali.
Membeli langsung dengan penjual buah lontar yang berada di sekitar perkebunan, satu kantong plastik berisi 3 biji buah lontar Rp 1 ribu, dan satu botol nira (600 ml) Rp 2 ribu. Sangat murah dan terjangkau, dengan khasiat yang tinggi.
            Mendengar penjelasan manfaat kesehatan dari pohon dan buah siwalan, teringat akan banyaknya buah lokal yang ada di Kalsel. Namun eksplorasi manfaat dan kegunaannya sangat sedikit dilakukan dan diinformasikan, sehingga buah lokal hanya menjadi konsumsi lokal. ara/mb02

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar