Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 23 April 2011

MB - Badundang Puisi Kota Seribu Sungai

BANJARMASIN – “Untuk mengangkat dan menggiatkan seni budaya dan sastra, kita akan mengadakan suatu kegiatan bersama seniman dan sastrawan, sebagai lanjutan dari rangkaian peringatan Harlah Kota Banjarmasin. Dalam acara ini kita beri tema Badundang Dalam Puisi Kota Seribu Sungai, yang akan dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Jumat malam (1/10) ini. Bertempat di eks lahan rumah dinas Walikota Banjarmasin, yang berada di depan Stadion Lapangan Sepak Bola 17 Mei. Acara dimulai dari pukul 21.00 wita hingga selesai” kata Camat Banjarmasin Tengah H.Hermansyah menjelaskan.
Lanjut Hermansyah “kita di sini cuma sebagai pelaksana, karena ide ini sebenarnya dari Wakil Wali Kota Banjarmasin. Sebagai pelaksanaan dan persiapannya, dilakukan oleh perangkat kecamatan serta semua lurah dikecamatan ini, saling bahu membahu.
Kita akan mengundang Walikota Banjarmasin, Kepala Dinas Pariwisata, Guru-guru pengajar, siswa-siswi SMP dan SMA, serta sudah tentu para seniman dan sastrawan lain. Juga dari masyarakat yang ada di Kota Banjarmasin silahkan untuk datang, karena acara ini terbuka untuk umum.
Acaranya sendiri selain di isi dengan pembacaan puisi dari seniman dan sastrawan, pembacaan puisi dari pejabat pemerintah, juga diharapkan ada siswa-siswi SMP dan SMA yang berani tampil membacakan puisi. Diantara pembacaan puisi diselingi dengan  teaterikal puisi dan musikalisasi puisi.
Rangkaian acara ini sudah dirumuskan bersama-sama dengan Kepala Taman Budaya Ennos Karly. Untuk puisinya disiapkan oleh Micky Hidayat. Acara ini tidak cuma akan dilaksanakan setahun sekali, tapi akan kita kembangkan lebih jauh lagi, entah nantinya dengan lomba cipta puisi atau lainnya,” ujar Hermansyah.
Sementara itu sastrawan Kalsel Micky Hidayat, berkata “puisi yang akan dibacakan di malam Badundang Dalam Puisi Kota Seribu Sungai adalah puisi-puisi yang diambil dari buku Bunga Rampai Puisi Anak Banua, yang saat ini tengah dipersiapkan untuk diterbitkan oleh Taman Budaya”.
Untuk lebih jelas mengenai asal-usul ide pelaksanaan kegiatan ini, Mata Banua menemui Wakil Walikota Banjarmasin, Irwan Anshari di ruang kerjanya pada Kamis siang (30/8).
“Sebenarnya ini berawal dari seruan Walikota untuk lebih menggiatkan kegiatan seni budaya dan sastra, lalu secara sepontan kita menterjemahkannya dalam bentuk kegiatan baca puisi dan silaturahmi budaya.
Kebetulan Kecamatan Banjarmasin Tengah, menyambutnya sebagai pelaksana. Kecamatan Banjarmasin Tengah merupakan tempat yang strategis, karena berada di tengah kota. Saya harapkan Kecamatan lain di Banjarmasin nantinya juga akan melaksanakan acara seperti ini, agar seni budaya dan sastra di daerah kita semakin meningkat,” pungkas Irwan dengan kalem. ara/mb05            

-----------------
Di setor Kamis, 30 September 2010
Di muat Jumat, 01 Oktober 2010/ 22 Syawal 1431 H
-         dengan judul Badundang Dalam Puisi Kota Seribu Sungai
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 4



BADUNDANG – Eks lahan rumah dinas Walikota Banjarmasin akan menjadi tempat baca puisi dan silaturahmi budaya, pada Jumat malam (1/10) ini, dengan tema Badundang Dalam Puisi Kota Seribu Sungai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar