Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 23 April 2011

MB - Sistem Pembinaan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi

BANJARMASIN – Selama tiga hari 735 mahasiswa baru Universtas Achmad Yani (UVAYA) mengikuti kegiatan OMB (Orientasi Mahasiswa Baru) tahun akademik 2010/2011. OMB dimulai dari Kamis untuk pengarahan, kemudian dilanjutkan pada  Sabtu dan ditutup pada Minggu (19/9) sore. Pelaksanaan OMB ini dilaksanakan serentak di Uvaya Banjarmasin dan Uvaya Banjarbaru.
Ir Hastirullah Fitrah MP, berkata “melalui OMB kita wujudkan mahsiswa yang profesional, berjiwa Pancasila, memiliki moral dan akhlak serta rasa nasionalisme yang tinggi. Tentunya hal ini menjadi materi utama dan pengenalan yang baik selama kegiatan.
Pada akhirnya, bekal yang telah diberikan dalam kegiatan ini, menjadi dasar bagi penerapan sistem pembinaan kemahasiswaan yang terprogram dengan baik, seta melibatkan semua elemen kampus” katanya.
Pembantu Rektor III Uvaya yang akrab dengan mahasiswa ini, menambahkan “tahun ini ada 100% penigkatan jumlah mahasiswa. Semua usaha  yang sudah dilakukan ini tidak akan berhenti sampai disini saja, tapi akan ditingkatkan lagi untuk tahun-tahun mendatang, melebarkan sayap yang mengarah kepada program studi baru.
Karena OMB dilaksanakan secara bersamaan antara Uvaya Banjarmasin dan Uvaya Banjarbaru, maka panitia pelaksana dari mahasiswa dibagi mejadi dua bagian. Panitia OMB dari Uvaya Banjarmasin bertugas di Banjarbaru dan Panitia OMB dari Banjarbaru bertugas di Banjarmasin. Pungsi dari pertukaran panitia ini agar mahasiswa baru yang ada di Banjarmasin mengenal kakak-kakak tingkat mereka yang ada di Banjarbaru dan begitu pula sebaliknya.
Sedangkan materi yang diberikan dalam OMB antara lain: Peranan mahasiswa dalam bela Negara dan pembinaan semangat nasionalisme. Peranan mahasiswa dalam memerangi bahaya narkoba. Sistem pendidikan tinggi. Struktur organisasi Uvaya. Pengembangan sikap positif (optimisme) dan kejujuran. Sukses luar biasa (tinjauan spiritual). Kemudian sistem pembinaan diperguruan tinggi menjadi materi penutup.
Materi ceramah diberikan oleh dosen-dosen pengajar dari Uvaya, sedangkan dari luar diisi dari KODIM 1007 dan BNP Kalsel. Semua materi diatas bersifat interaktif, melalui diskusi dan tanya jawab. Sehingga rasa ingn tahu dan pemikiran kreatif dari mahasiswa baru bisa digali lebih jauh dan lebih mendalam” pungkasnya. ara/mb05


-----------------
Di setor Senin, 20 September 2010
Di muat Kamis, 23 September 2010/ 14 Syawal 1431 H
-         dengan judul Uvaya Gelar OMB
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5

Photo yang dimuat - Dokumentasi ARAska

Sisa photo yang tidak dimuat - Sebagian dokumentasi ARAska


Tidak ada komentar:

Posting Komentar