Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 23 April 2011

MB - Café Seniman Wadah Barucau

BANJARMASIN – Tidak cuma remaja yang perlu tempat untuk nongkrong dan bersantai sambil ngobrol, seniman juga memerlukannya. Warung Komisi XI itulah nama yang diberikan para seniman untuk warung minum yang terletak di sudut lapangan parkir depan gedung Balairung Sari Taman Budaya.
“Kawan-kawan perlu tempat yang murah meriah, mengobrol (barucau) dan sambil minum kopi. Suasana yang santai dan sederhanalah yang biasanya akan melahirkan ide-ide kreatif. Bila seniman sudah berkumpul yang dibicarakan bukan cuma tentang seni tapi juga masalah daerah dan politik” kata Micky Hidayat, sastrawan Kalsel pada Selasa (21/9).
Sementara itu di Banjarbaru senimannya juga punya tempat khusus untuk bersantai, yaitu di Posko Seni Pujasera. Terletak di sudut Minggu Raya sebrang Lapangan Murjani, menjadi tempat ideal sebagai tempat kumpul-kumpul.
Deretan warung makan dan minum yang terdapat di Minggu Raya memudahkan seniman untuk memesan minum, walau cuma secangkir kopi susu. Sebuah pos keamanan yang tidak terpakai di sudut Minggu Raya, di sulap oleh Hands Ranjiwa menjadi studio lukis, dan di depannya disusun meja dan kursi untuk tempat tongkrongan bersantai.
Hands, lelaki asal Padang yang menetap di Banjarbaru ini, berkata “di sini bisa sambil mejeng, apalagi kalau malam minggu. Minggu Raya dan Lapangan Dr Murjani akan penuh dengan anak muda yang sedang jalan-jalan. Sementara itu ditengah-tengah dua tempat tersebut di sudut Minggu Raya, para seniman mengobrol membicarakan beragam keadaan” ujarnya.
Hands melanjutkan “walau saya orang baru di dunia seni Kalsel tapi saya sudah merasa betah disini, banyak hal yang ingin saya lakukan, seperti menyediakan tempat berkumpul untuk rekan-rekan seni, juga merekrut anak-anak yang sering mangkal di Minggu Raya, agar mereka menjadi generasi yang terarah dengan pelatihan seni” ungkap Hans, mengenai keberadaannya di kota yang berjuluk Kota Idaman. ara/mb05


-----------------
Di setor Rabu, 22 September 2010
Di muat Seni, 27 September 2010/ 18 Syawal 1431 H
-         dengan judul Café Seniman Wadah Barucau
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5


Photo yang dimuat - Dokumentasi ARAska
WARUNG - Tempat para seniman Banjarmasin bersantai minum kopi sambil berdiskusi di warung Komisi XI, yang terletak di sudut lapangan parkir depan gedung Balairung Sari Taman Budaya Banjarmasin.



Sisa photo yang tidak dimuat - Sebagian dokumentasi ARAska


Tidak ada komentar:

Posting Komentar