Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 23 April 2011

MB - Sarjana Seni Bukan Pekerja Seni

BANJARMASIN – Beberapa perguruan tinggi di Banjarmasin sudah mulai melirik  program studi seni, yang nantinya akan melahirkan sarjana yang mempunyai keahlian sebagai pengajar seni.
Seperti yang dilakukan FKIP Unlam dengan jurusan Sendratasik (seni drama, tari dan musik dan STKIP PGRI dengan jurusan Tarinya. Tetapi mereka dididik untuk menjadi guru seni bukan sebagai pekerja seni.
Mengenai peminat  sebagai pengajar seni, Naparin PD3 Bidang Kemahasiswaan FKIP Unlam Banjarmasin, mengatalan “banyak calon mahasiswa yang berminat mendaftar di jurusan Sendratasik. Namun untuk mahasiswa yang diterima masih dibatasi, karena fasilitas alat bantu perkuliahan masih belum lengkap, seperti tari yang memerlukan ruang kaca dan fasilitas yang lainnya” ujarnya.
Dilain pihak, Sirajul Huda, tokoh tari Kalsel yang juga menjadi dosen tari STKIP PGRI, berkata “STKIP PGRI Banjarmasin sendiri sudah melahirkan sarjana tari angkatan pertama, dan insya Allah tahun ini akan kembali memasuki sarjana tari angkatan ke dua.
Namun untuk menjadi pekerja seni, ia menambahkan “sarjana tari yang dihasilkan perguruan tinggi, masih belum bisa menjadi pekerja seni. Karena mereka hanya diajarkan untuk menjadi guru, lebih jauh mereka harus melalui proses yang cukup panjang. Antara lain, jam terbang naik panggung yang tinggi, sehingga mereka akan mempunyai pengalaman yang banyak, dan akhirnya mampu mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam mementaskan atau menciptakan gerakan tari” katanya.
Mengenai guru seni, dalam suatu kesempatan lain tokoh sastra Kalsel Hamamy adabi memisalkannya dengan guru bahasa, katanya “kita lihat keadaan guru-guru bahasa disekolah, mereka mengajarkan cara membuat puisi, cerpen, novel dll, kepada murid-murid atau siswa tapi apakah guru itu sendiri bisa melakukannya, tentunya hanya 1% yang memang benar-benar bisa. Nah, seperti itu juga dengan guru seni, pungkasnya sambil berseloroh. ara/mb05


-----------------
Di setor Selasa, 21 September 2010
Di muat Jumat, 24 September 2010/ 15 Syawal 1431 H
-         dengan judul Sarjana Seni Bukan Pekerja Seni
-         kolom Kotaku, Mata Banua halaman 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar