Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 02 April 2011

MB - Penutupan Pesantren Ramadhan Angkatan Muda Sabilal Muhtadin

BANJARMASIN – Hari ini (2/9) pada pukul 10:00 wita Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan oleh Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Banjarmasin, mengakhiri rangkaian kegiatannya dengan acara pertama Maulid, pengajian, pelepasan edikart dan do’a penutupan.
Setelah kegiatan berlangsung dari Sabtu (14/8) selama 12 hari, dengan 1 minggu 4 kali pertemuan yaitu Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu. Beragam materi yang diberikan oleh panitia untuk 278 orang peserta yang berbeda latar pendidikan. Ada  Mahasiswa, SMA/ Aliyah dan SMP.
Sebelumnya pada Rabu (1/9) digelar beragam lomba untuk peserta. Selain untuk menilai kecakapan, juga sebagai evaluasi sejauh mana peserta menangkap semua materi yang diberikan. Materi yang diberikan tersebut antara lain: Tartil Al Qur’an, Azan,  Puisi Islami, Kreasi Jilbab, Busana Muslim, Memasang Sarung, Cerdas Cermat dan sebuah lomba permainan yang diberi nama Penjinak Bom.
Khusus untuk permainan Penjinak Bom ini, panitia seksi acara Mujiburrahman, menjelaskan “kalau permainan ini tidak seperti makna harfiahnya yaitu yang bersangkut paut dengan bom yang sesungguhnya.
Melainkan hanya permainan, dimana kelompok peserta dengan menggunakan tali yang dipegang, dan dibentang oleh empat orang saling berhadapan dalam suatu lingkaran. Kemudian dengan tali tersebut berusaha mengangkat sebuah botol yang berisi air, lalu menuangkannya dalam gelas yang sudah disediakan. Permainan ini untuk melatih kerjasama dan kekompakan kelompok” katanya.
Sementara itu Herry dari Fakultas Tekhnik Unlam Banjarbaru yang ikut sebagai peserta berkomentar bahwa ia sangat senang bisa ikut dalam kegiatan ini, tetapi ia juga mengkritik panitia yang dalam penyampaian materi menyamakan pada semua peserta, padahal ada peserta yang tingkat pendidikannya masih SMP, sedang materi yang disampaikan seharusnya untuk tingkat Mahasiswa, hal ini tentu memberikan kesulitan pemahaman bagi peserta muda tersebut.
Dilain pihak Yunita beserta empat orang kawannya dari satu sekolah yang sama di SMA PGRI 2, dengan kompak mereka berkata bahwa dari kegiatan ini mereka mendapat banyak pengetahuan agama, dan juga kawan-kawan yang baru. Acara ini mereka ikuti sebagai pengisi waktu libur, walau disekolah mereka juga mengikuti pesantren ramadhan, tetapi sangat singkat, karena itu mereka ingin menambah pengalaman lain.
Setelah acara pesantren ramadhan ini,  Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Banjarmasin, masih mem[unyai rangkaian kegiatan lain yaitu halal bihalal untuk peserta pada 13 September 2010. Kemudian khusus untuk Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Banjarmasin angkatan baru akan diadakan LDK selama tiga hari dimulai dari 17 September 2010. LDK ini dimaksudkan agar anggota baru siap menjadi panitia untuk kegiatan berikutnya. ara/mb06
-----------------
Di muat Kamis, 02 September 2010/ 23 Ramadhan 1431 H
-          dengan judul Pesantren Sabilal Berakhir
-          kolom Marhaban Ya Ramadhan, Mata Banua halaman 16
Photo yang tidak dimuat - Sebagian dokumentasi ARAska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar