Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 08 Oktober 2011

Akhir Oktober 1300 Orang Guru Sudah Melek Teknologi

BANJARMASIN – Balai Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Disdik Kalsel, menargetkan akhir Oktober kurang lebih 1300 orang guru di Kalsel, akan sudah melek teknologi komputer.
Dalam rangka menunjang program melek teknologi untuk guru, BTIKP mengadakan beragam kegiatan lomba yang bertemakan pendidikan dan teknologi, yang dinamakan Festival E-Pendidikan.
Kegiatan dilaksanakan di Taman Budaya (TB) Kalsel, selama tiga hari, di mulai dari Minggu 10 Oktober sd 12 Oktober 2010. Selain itu juga di laksanakan pameran dan bazar yang diikuti oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di kota Banjarmasin.
Chairul Saleh, kepala BTIKP menuturkan “BTIKP operasionalnya baru pada 2009. Dalu subtansinya itu masuk di BPKB Banjarbaru, kalau lebih jauh lagi sejarah tekom ini di tahun 96an di Kanwil Depdiknas saat itu ada sanggar tekom di bawah pimpinan Pustekom.
Namun di era otonomi pada 2000 subtansi tekom, tidak dijadikan UPTD sendiri, tapi dimasukkan menjadi salah satu subtansi di BPKB, sehingga sempat namanya Balai Pengembangan Teknologi Komonikasi dan Pengembangan Kegiatan Belajar Masyarakat  (BPTKPKB).
Ternyata dari PP 41, Pemerintah Provinsi Kalsel merasa perlu ada balai tersendiri, yang khusus menangani teknologi. Karena melihat bidang TIK untuk pendidikan perlu di garap serius, jadi terbentuklah balai BTIKP yang baru berjalan satu tahun setengah.
BTIKP merupakan UPTD Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, yang secara subtansi linknya di PUSTEKOM Pendidikan Nasiaonal. Sehingga yang membina, yang menghendel, yang mem back up segala kekurangan SDM kami dari Pustekom.
Ditengah-tengah perjalanan selama ini, BTIKP melakukan diklat-diklat, memberikan pengayaan, pelatihan, dan bimbingan. Hampir tiap hari ada saja guru yang di didik dan di latih” ujarnya.
Menurut Chairul, untuk pengembangan SDM guru di 2009 ketika start BTIKP, data sasaran ada 49000 lebih guru yang belum melek TK, belum pernah didiklat. “Maka mulai tahun ini, BTIKP melakukan upaya agar setiap Dinas Pendidikan (Disdik) di Kabupaten kota, untuk membentuk tim pengembang  ICT. Tim ini yang bertugas menghendel dan membantu balai, melakukan diklat bimbingan terhadap guru-guru.
Tahun ini sasaran 100 orang guru perkabupaten, dan sebagian besar sudah terlaksana. Artinya kalau nanti akhir Oktober ini selesai, maka yang sudah di diklat itu ada 1300 orang guru.
Tahun depan BTIKP akan memperbanyak lagi sasarannya, masing-masng 200 orang guru. Sehingga insyaallah di tiap Kabupaten Kota akan ada terdiklat 2600 orang guru. BTIKP akan membantu dana, begitu juga instruktur, kalau Disdik Kabupaten memerlukan, akan kami berikan juga” pungkasnya bersemangat. ara/mb05

-----------------

Di masukkan di kolom Kotaku, Mata Banua
pada Selasa 12 Oktober 2010 – TIDAK DI MUAT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar