Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Kamis, 13 Oktober 2011

Es Nyiur Jahe Gula Aren

BANJARMASIN – Sebuah wirausaha seorang ibu untuk membantu kebutuhan keluarga, dengan kreatif menciptakan racikan menu minuman yang akhirnya digemari. Es kelapa muda biasanya menjadi salah satu minuman alami yang menyegarkan, apalagi dengan variasi menu yang menarik.
Es Nyiur Jahe Gula Aren itulah sebuah warung yang akan memberikan citarasa tersendiri pada es kelapa muda. Warung ini terletak di jalan Ahmad Yani Kilometer 12
Mariatul Qibtiah adalah pemilik warung tersebut, sajian dalam warung ini adalah Es Nyiur Jahe Gula Aren, yang khas dan menyehatkan. Mama Icha adalah panggilan akrab dari Mariatul Qibtiah.
Menurut Mama Icha pada Minggu (19/12) sore, ia menuturkan, awalnya sekitar tahun 1998, berangkat dari keinginan untuk membantu suaminya yang hanya supir angkot. Untuk menambah penghasilan keluarga, ia berjualan makanan didepan rumah kontrakannya. Merintis usaha dengan hanya 5 sd 10 butir kelapa muda sehari.
Karena tak ada kemajuan, ia berusaha mencari terobosan, dari buku Majarrobat yang menuliskan tentang khasiat jahe, terlintaslah sebuah ide untuk membuat es kelapa muda jahe.
Untuk mempromosikan menu baru es kelapa mudanya, Mama Icha menawarkan langsung kepada pembeli yang datang. Dari pembeli inilah kemudian menceritakan dengan orang lain. Dari mulut kemulut, warung Mama Icha mulai dikenal masyarakat.
Sekarang warung es kelapa muda jahenya, mempunyai pelanggan hingga luar Kalimantan. Warungnya setiap harinya buka sekitar pukul 09.00 sd 17.00 Wita, yang seharinya rata-rata menghabiskan 300 butir kelapa muda. Sedangkan pada hari-hari libur, bisa dua kali lipat dari biasanya.
Kelapa mudanya sendiri sengaja didatangkan dari wilayah Kapuas Kalteng, yang selama ini di kenal sebagai kawasan penghasil kelapa muda kualitas unggul.
Selain menyajikan minuman favorit es kelapa muda jahe gula aren, pengunjung juga bisa mencoba menu lain, seperti es nyiur kelapa muda aren, es nyiur karamel. Cara disajikanpun disesuaikan dengan pesanan pengunjung. Umumnya pelanggan lebih memilih minum langsung di batok kelapa muda.
“Pengunjung mendapatkan tambahan manfaat kesehatan seperti menyembuhkan asam urat, kolesterol, masuk angin dan keracunan. Karena, bahan baku es ini terdiri dari bahan alami yang biasa di gunakan sebagai ramuan obat-obatan. Untuk menikmati satu kelapa jahe gula aren yang penuh khasiat ini, cukup merogoh kocek Rp 8 Ribu hingga Rp 9 Ribu Rupiah” katanya.
Menurut Mama Icha, warung es nyiur jahenya, mulai dikenal masyarakat sekitar tahun 2004 yang lalu. dalam menjalankan usahanya, ia di bantu kedua putrinya Rezeki Fitria Safitri dan Khairunnisa, serta suami. Serta ada juga 7 orang karyawan yang semuanya masih satu ikatan keluarga.
Sehingga pelayanan untuk pelanggan bisa dengan cepat disajikan. Tidak ingin berpuas diri dengan apa yang sudah ada, Mama Icha mempunyai keinginan untuk terus mengembangkan es kelapa jahenya. Ia sedang berusaha mengumpulkan modal untuk berjualan mi dari sagu khas Pontianak “dengan do’a dan usaha, semua akan tercapai” pungkasnya. ara/mb06

Di masukkan di kolom Ekonomi & Bisnis, Mata Banua
-         pada Minggu 19 Desember 2010 – TIDAK DI MUAT
-         pada Senin 20 Desember 2010 – TIDAK DI MUAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar