Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 08 Oktober 2011

Terbentuknya Komunitas Wartawan Seni Budaya Dan Pendidikan

BANJARMASIN - Menindak lanjuti wacana yang mengemuka diantara keinginan seniman akan adanya suatu Komunitas Wartawan Seni Budaya dan Pendidikan, diadakanlah pertemuan di rumah Budayawan Kalsel Syaripuddin.R, yang dihadiri oleh  beberapa seniman, kalangan pendidik, mahasiswa dan wartawan, pada Selasa (26/10) pukul 15.00 -18.00 wita, yang lalu.
Tamu yang hadir, diantaranya yaitu Hajriansyah (Ketua KSI Banjarmasin),  Nailiya Nikmah (Dosen Poliban Banjarmasin), dan beberapa mahasiswa yaitu :  M.Arsyad (LPM Kinday), Muhammad Pazri (KAMMI Bjm), M.Didi Rusadi (IMM Unlam), Darul Huda.M (LP2DH FH Unlam) dan Novia Winda (Himbi Sastra).
Sedangkan dari kalangan wartawan, antaralain Wulan (MB), A.Rahman.A (MB), A.Maghfur (Banjar TV), Hendra (MK), dan Frans (Metro Banjar). Wartawan yang tidak bisa berhadir, tetapi menyatakan setuju dengan hasil kesepakatan antara lain, Yuni (Duta TV), Firman (MK), Erwin (Banjar TV), Helman Gellyrian (Nirwana FM), Chintia (Barito Post) dan Isur (Radar Banjarmasin)
Dalam sambutan pembukaan Syaripuddin.R yang juga Ketua Harian Dewan Kesenian Kalsel, mengatakan ”kita berharap dengan adanya komunitas ini, para pelaku seni yang biasanya kesulitan untuk menghubungi wartawan, sekarang bisa lebih mudah untuk mempublikasikan kegiatannya.
Dengan komunitas ini dan pemberitaan yang rutin dari wartawan, akan sangat membantu kita Dewan Kesenian dan Disbudpar dalam menilai kreatifitas seniman, untuk memberikan penghargaan seni tahunan” ujarnya.
Hasil pembahasan pertemuan, menetapkan tujuan dasar pembentukan Komunitas Wartawan Seni Budaya dan Pendidikan, yaitu:
Memperluas komunikasi, informasi dan sambung rasa antar sesama wartawan (media cetak dan elektronik) yang bertugas di bidang Seni Budaya dan Pendidikan serta wartawan yang peduli dengan dunia Seni Budaya dan Pendidikan walau tidak betugas pada bidang itu.
Mempermudah akses akses bagi instansi/ organisasi/ pelaku seni budaya dan pendidikan untuk menghubungi wartawan (media cetak dan elektronik) Seni Budaya dan Pendidikan serta wartawan yang peduli dengan dunia Seni Budaya dan Pendidikan walau tidak betugas pada bidang itu.
Menjadi sebuah kekuatan untuk membantu permasalahan yang terjadi dalam dunia Seni Budaya dan Pendidikan, baik dalam pemberitaan maupun dalam memberikan solusi pada permasalahan tersebut.
Disebutkan pula dalam pembahasan, bahwa komunitas ini tidak untuk menciptakan blog antar sesama wartawan dan media, tetapi hanya sebagai wadah seperti yang tertuang dalam tujuan dasar. Dalam liputan dan pemberitaan tetap menjunjung tinggi kode etik Jurnalistik serta kebebasan pers antar sesama wartawan dan media.
Serta untuk membuat sinergi dalam kerjasama terhadap perkembangan dunia seni budaya dan pendidikan, dibentuk pula Generasi Muda Peduli Seni Budaya dan Pendidikan, yang anggotanya dari Mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda dan sumber insan pembangunan, dengan ketua Kelompok M Arsyad.
Disepakati pula sebagai kordinator yang akan mengorganisir komunitas yaitu A.Rahman.A, dan mengangkat Syarifuddin R sebagai penasehat dari perwakilan Budayawan. Sedang mengenai nama sebutan, lambang dan lain sebagainya, akan dibahas pada kesempatan lain. ara/mb05

-----------------

Di masukkan di kolom Kotaku, Mata Banua
pada Rabu 27 Oktober 2010 – TIDAK DI MUAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar