Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Kamis, 13 Oktober 2011

Memancing Sebagai Latihan Dalam Bisnis

BANJARMASIN – Jangan menganggap remeh aktivitas memancing. Memancing, tidak sekadar diam menunggu ikan. Bagi sebagian orang yang benar-benar mengerti nilai-nilai dalam memancing, merupakan latihan bagi mereka untuk menjalani dunia bisnis.
Ipi pemilik toko Della Virna Farfume di komplek Pandu Km 3,5 Banjarmasin, menuturkan pengalamannya dalam memancing, dan bagaimana mengaplikasikannya dalam berbisnis.
“Dulu aku memancing hanya sekedar memancing, cuma hobi dan refresing. Boleh dibilang menjadi hobi yang mahal, karena ikan yang di dapat tidak sebanding dengan biaya memancing yang dikeluarkan.
Karena hanya hobi, tiap minggu dimana ada mendengar tempat yang menantang untuk memancing, akan aku datangi biarpun jauh tempatnya. Dari danau bendungan di Riam Kanan, sungai-sungai yang jauh di tengah hutan, sampai kelautan.
Tanpa sadar dari pengalaman memancing, malah banyak aku gunakan dalam menjalankan bisnis farfum. Kemudian aku perdalam lagi seni memancing ini, dari beragam referensi buku yang aku gabungkan dalam pengalamanku memancing.
Karena berbisnis itu sendiri adalah mancing. Seperti menentukan tempat memancing, adalah bagaimana kita melihat pangsa pasar pada suatu tempat. Alat pancing yang digunakan, adalah bagaimana cara kita mempromosikan produk kita” ujarnya.
Menurut ayah dua anak perempuan ini “kemampuan dalam memancing, merupakan latihan dalam persaingan bisnis. Umpan pancing yang digunakan, adalah bagaimana kita menarik minat customer. Resiko saat memancing, yaitu saat kita memperhitungkan resiko bisnis pada suatu tempat.
Dan sabar saat menanti ikan menggigit mata pancing dan terus berusaha mencobanya, tentunya mengasah kita dalam kesabaran berbisnis. Mengikuti gerak ikan yang terpancing agar tidak lepas, merupakan latihan bagaimana kita mengarahkan keinginan costumer” ungkapnya pada Kamis (25/11) malam.
Saat ini Ipi sudah mempunyai beberapa toko farfum di luar daerah, antara lain di Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Rantau. Rata-rata penghasilan bersih satu toko kata Ipi kurang lebih Rp 2 juta perbulan. ara/mb

-----------------

Di masukkan :
-         di kolom Ekonomi & Bisnis, Mata Banua
pada Kamis 25 November 2010 – TIDAK DI MUAT
-         di kolom Mozaik, Mata Banua
pada Jumat 26 Nopember 2010 – TIDAK DI MUAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar