Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 17 Februari 2012

010112-Obat Tradisional Tampiyaan

Kapur Sirih Untuk Obat Tampiyaan


Apabila terlalu banyak berjalan, maupun terlalu banyak duduk, maka terkadang pada selangkangan (kunci paha) terdapat benjolan sebesar kelereng. Bila dipegang terasa bergerak-gerak.
Penyakit ini dalam bahasa Banjar di sebut Tampiyaan. Adapula yang mengatakan bahwa penyebab benjolan sebesar kelereng itu adalah angin yang terkumpul dalam selangkangan dan membentuk benjolan. Tampiyaan jangan di pijat (di urut) karena akan menjadi besar benjolannya, atau malah menambah ngilu selangkangan.
Menurut Drs H Syarifuddin R, walau Tampiyaan dianggap tidak berbahaya, namun rasa ngilu (katur) pada selangkangan cukup menganggu aktivitas saat berjalan. Tampiyaan dapat diobati sendiri.
Bahan ramuan obat yang dapat digunakan dalam pengobatan tradisional Banjar adalah kapur sirih. Cara pengobatannya yaitu:
Bila yang terkena Tampiyaan di selangkangan kanan, maka dioleskan kapur sirih pada buku lali (ruas pegelangan kaki) yang kiri. Sebaliknya jika selangkangan kiri yang Tampiyaan, maka buku lali kanan yang dioleskan kapur. ara/mb07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar