Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 25 Februari 2012

010212-rabu(kamis)-Kadisdik Berharap peran orang tua siswa.doc

Photo: Hesly Junianto

Kadisdik Berharap Orang Tua Siswa Aktif Dalam Komite Sekolah


BANJARMASIN – Peranan komite disekolah harus ditingkatkan, seperti dalam rapat-rapat tidak hanya pengurusnya yang hadir, tapi orang tuanya juga harus hadir. Sehingga orang tua tidak hanya protes dengan hasil rapat komite, tapi tidak hadir dalam rapat.
Hal ini diungkapkan oleh Hesly Junianto, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Banjarmasin yang baru dilantik menggantikan Muhammad Amin MT, beberapa waktu yang lalu.
Dalam perbincangan Mata Banua pada akhir Januari, Kamis (26/1) siang, dengan Hesly diruang kerjanya yang baru di Disdik Kota Banjarmasin. Ia menekankan peran orang tua dalam mensukseskan Ujian Nasional (UN), serta meningkatkan kualitas mutu pendidikan sekolah.
Menurut Hesly, suksesnya UN dan kualitas mutu pendidikan sekolah tidak hanya tergantung dari kepala sekolah (Kepsek) serta guru-guru di sekolah. Yang tidak kalah penting adalah peranan orang tua, karena bila hanya menyerahkan dengan guru, tentunya terbatas.
Orang tua harus lebih mengawasi anaknya, kapan harus belajar, kapan harus bermain dll. Peran serta orang tua inilah yang dimotivasi, salah satu cara memotivasi adalah melalui komite sekolah. Ini dapat dilihat seberapa besar kehadiran orang tua siswa dalam rapat komite, yang kemudian menghasilkan keputusan dan kesepakan bersama.
Terkait mengenai program kerjanya sebagai Kadisdik, ia mengatakan akan melakukan konsulidasi internal dulu. Lalu menyusun program untuk mensukseskan UN, serta melakukan persiapan-persiapan UN.
Melakukan peninjauan-peninjauan sekolah dan mengawasi uji coba UN yang telah dilakukan beberapa sekolah. Selanjutnya meneruskan program Disdik yang telah ada, seperti membantu sarana dan prasarana sekolah yang telah dijadwalkan pada tahun ini (2012). Khusus mengenai Kepsek, ia akan meningkatkan kemampuan manajerial Kepsek dalam mengelola dana BOS.
Selebihnya Hesly mengatakan “saya masih baru di sini (Disdik), jadi banyak hal yang masih belum diketahui” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar