Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 18 Februari 2012

080112-minggu(senin)-panti Harus Memenuhi Standar.doc

Photo: Dra Maria Sri Sulisetyaningsih

Lembaga Pelayanan Sosial Harus Memenuhi Standar


BANJARMASIN – Panti adalah sebuah lembaga pelayanan sosial, oleh karena itu harus mempunyai standar pelayanan. Dan Dinas Sosial (Dinsos) sudah menetapkan standar pelayanan bagi panti, yang penilaiannya melalui sertifikasi serta akreditasi.
Hal ini diungkapkan oleh Dra Maria Sri Sulisetyaningsih, Kabid pembinaan kesejahteraan sosial, Dinsos Kota Banjarmasin, beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, sertifikasi dan akreditasi di nilai oleh pusat. Apakah panti itu memang benar-benar layak atau tidak untuk sebuah panti.
Penilaian sertifikasi dan akreditasi antara lain sebuah panti harus lengkap administrasinya, mempunyai pekerja sosial, mempunyai ruang belajar, mempunyai asrama, harus mempunyai dapur, tidak berada di jalur hijau dll. Dua panti berada dalam wilayah jalur hijau, yaitu Panti Al Hidayah dan Al Asri.
Apabila di nilai tidak layak ada, kemungkinan panti itu tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Di kota Banjarmasin, ada 5 panti yang telah mengikuti sertifikasi dan akreditasi.
Dinsos kota Banjarmasin sudah berupaya agar panti memenuhi standar penilaian, terutama melalui sumber daya manusianya (pengurus dan pengasuh) melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan.
Maria juga menyayangkan adanya panti yang tidak bergabung dalam Forum Panti se Kota Banjarmasin. Ada tiga panti yang memang sudah terdaftar di Dinsos kota Banjarmasin, tapi tidak melakukan pertanggung jawaban, atau melaporkan semua kegiatan yang dilaksanakan ke Dinsos. Dan juga tidak mau bergabung dalam forum.
Beberapa masalah lain pada panti yaitu mengenai administrasi. Seperti panti Al Asri yang sudah habis ijin operasionalnya, tapi tidak memperpanjangnya.
“Padahal banyak nilai positif yang diperoleh dalam forum, agar keadaan panti menjadi lebih baik. Ini juga mempermudah Dinsos kota Banjarmasin untuk memberikan pembinaan dan pelatihan” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar