Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 24 Februari 2012

180112-rabu(kamis)-Peran Mahasiswa Mengawal Isu-Isu Daerah (Dm.200112).doc

Photo: Presiden Mahasiswa Unlam, M Pazri

Meningkatkan Peran Mahasiswa Mengawal Isu-Isu Daerah


BANJARMASIN – Peran utama mahasiswa sebagai tonggak utama bagi perubahan, apabila dibiarkan tanpa koordinasi yang bagus, akan menjadi tiada berarti. Harus ada gebrakan baru, yang akan memberikan penyegaran terhadap peran dan keorganisasian mahasiswa dalam mengawal isu-isu daerah.
Saat ini kerjasama antar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan pergerakan BEM sangat kurang, terutama pergerakan untuk menindak lanjuti isu daerah, seperti SDA, lingkungan, pemerintahan (eksekutif dan legislatif).
Sebelum BEM Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) perode kepengurusan 2012, lebih jauh mengawal isu-isu daerah. Maka merapikan keadaan internal keorganisasian di Unlam harus lebih dulu dilakukan.
“Apabila sudah ada kesepakatan bersama dengan ketua-ketua BEM Fakultas se Unlam, dilanjutkan dengan membentuk forum BEM se Unlam, forum Hima se Unlam, dan hal advokasi serta kebijakan yaitu pengawasan, budgeting dan legislasi, terkait aturan keorganisasian.
Unlam tidak cuma memikirkan di internalnya, kedepannya ada kontribusi minimal untuk masyarakat. Sehingga peran mahasiswa dalam mengawal isu-isu daerah, kembali hidup lagi” ungkap M Pazri, Presiden Mahasiswa (Presma) Unlam periode 2012, pada Rabu (18/1) sore dengan Mata Banua.
Menurutnya, setelah membenahi situasi internal keorganisasian, barulah mencari link dari luar kampus yang ada di Banjarmasin, Kalsel dan Nasional. Serta melanjutkan Forum BEM se Kalimantan (BEM SEKA). Baik itu rekomendasi dalam pertemuan pertama di Unlam, maupun dalam Kongres Pertama BEM SEKA di IAIN Antasari.
Menindak lanjuti terhadap advokasi isu-isu daerah, dan merumuskan lebih jauh lagi, sehingga ada feedback peran mahasiswa untuk mengawal isu-isu daerah.
Ia kembali menekankan terhadap dua rekomendasi yang telah disepakati BEM SEKA, dan BEM Unlam 2012 akan memodifikasi beberapa point tersebut. “Tidak sepenuhnya sama konsepnya, tapi beberapa gebrakan baru. Minimal bisa memberikan kontribusi yang nyata terhadap kondisi sebenarnya yang ada di Kalsel” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar