Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 24 Februari 2012

190112-kamis(jumat)-bahasa banjar4.doc

Photo: Tajuddin Noor Ganie

Budaya Sopan Santun Berkata-Kata


BANJARMASIN – Pada zaman dahulu, kemampuan seseorang dalam merangkai kata-kata menggunakan bahasa sastra menjadi budaya dalam masyarakat Banjar. Suatu budaya yang menunjukkan tingkat adab (sopan santun) bertutur orang tersebut.
Berbicara tidak hanya asal mengeluarkan kata-kata, tetapi diiringi dengan untaian kata yang indah dan bermakna. Gaya berpantun, syair atau puisi menjadi pilihan. Baik itu saluka maupun tamsil atau kiasan.
Menurut Tajuddin Noor Ganie, beberapa waktu yang lalu. Saluka Banjar adalah kata-kata dalam bahasa Banjar, yang disusun sedemikian rupa dalam bentuk puisi 2 baris atau 4 baris bersajak. Saluka mempunyai akhiran vertikal a-a, a-a-a-a, a-a-b-b, atau a-b-a-b.
Contoh Saluka Banjar, antara lain:
Nang manis, jangan lakas ditaguk. Nang pahit, jangan lakas diluak. Parak bau tahi, jauh bau kambang. Parak bakalahi, jauh bagaganangan. Tik nung kalikir pacah. Itik bakunyung kada basah. Dan ujar habar banyak baiwak, saikung-ikung kada mawadi. Ujar habar banyak nang handak, saikung-ikung kadada nang jadi.
Sedangkan Tamsil Banjar adalah kata-kata kiasan yang bersajak dan berirama dalam bahasa Banjar, yang disusun sedemikian rupa dalam bentuk barias-baris puisi.
Contoh Tamsil Banjar, antara lain:
Baundur supan, bamara takutan, bagana kada tahan. Dan mambatat mangadalun, dijamur kada mau karing, dirandam kada mau bangai, dibanam kada mau hangit.
Tajuddin menyimpulkan, bahwa Peribahasa Banjar berbentuk puisi, terdiri atas Gurindam, Kiasan, Mamang Papadah, Pameo Huhulutan, Saluka, dan Tamsil. Peribahasa Banjar berbentuk kalimat, terdiri atas Ibarat, Papadah, Papatah-patitih, Paribasa, dan Paumpamaan.
“Bahwa semua ragam/jenis peribahasa Banjar berbentuk puisi, setidak-tidaknya memiliki salah satu dari 3 ciri karakteristik bentuk, yakni adanya pengulangan atas kosa-kata yang sama, adanya kosa-kata yang hampir sama secara morfologis, dan adanya kosa-kata yang saling bersajak.
Baik akhiran kosa kata tersebut secara vertikal maupun secara horisontal di awal, di tengah, atau di akhir baris/larik. Ciri-ciri karakteristik bentuk yang demkian itu identik dengan gaya bahasa perulangan (repetisi)” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar