Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 25 Februari 2012

030212-Obat Tradisional Luka Bakar

Mengobati Luka Bakar Secara Tradisional


Luka Bakar yang dalam bahasa Banjar di sebut luyuh, dalam pengobatan tradisional Banjar dapat diobati dengan beberapa cara. Menurut Drs H Syarifuddin R cara mengobatinya yaitu:
Cara pertama, menggunakan ramuan daun lowa yang hidup secara liar. Pengolahan obatnya, pucuk daun lowa dihaluskan (dipirik) hingga lumat. Lalu oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Sisa obat yang dibuat dapat digunakan kembali dan agar tidak lekas kering, disimpan di tempat yang dingin.
Cara ke dua, menggunakan dahan kelapa yang kering (hundayang/ bandayang nyiur). Pengolahan obatnya, dahan kelapa yang kering di potong-potong seperti kayu bakar. Kemudian di bakar dan abunya dikumpulkan. Lalu abunya ini, ditaburkan pada bagian yang terkena luka bakar.
Cara ke tiga, menggunakan telor ayam. Pengolahan obatnya, kuning telur dikocok sampai rata. Lalu dioleskan pada bagian yang terkena luka bakar.
Kemudian agar luka bakar tidak meninggalkan bekas yang hitam, diobati pula dengan ramuan daun turi. Caranya, daun turi muda ditumbuk sampai lumat hingga mengeluarkan cairan, lalu oleskan dengan merata pada luka bakar. Lakukan hal ini beberapa kali. ara/mb07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar