Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 18 Februari 2012

100112-selasa(rabu)-BEM Unlam 2012 dukung BEM SEKA.doc

BEM Unlam 2012 Akan Modifikasi Rekomendasi BEM SEKA


BANJARMASIN – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) perode kepengurusan 2012, sudah tentu akan meneruskan apa yang sudah di suarakan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Kalimantan (BEM SEKA). Baik itu rekomendasi dalam pertemuan pertama di Unlam, maupun dalam Kongres Pertama BEM SEKA di IAIN Antasari.
Hal ini diungkapkan oleh M Pazri, Presiden Mahasiswa (Presma) Unlam periode 2012, pada Senin (9/1) malam via telepon dengan Mata Banua. Menurutnya, dari dua rekomendasi yang disepakati BEM SEKA, ada point yang akan di modifikasi BEM Unlam 2012. “Tidak sepenuhnya sama konsep, tapi akan ada beberapa gebrakan baru. Minimal bisa memberikan kontribusi yang nyata, terhadap kondisi sebenarnya yang ada di Kalsel” ujarnya.
Sebelumnya, Kongres Pertama BEM SEKA di IAIN Antasari, telah digelar pada 17 sd 20 November 2011 yang lalu. Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Rendy Saputra, Ketua panitia pelaksana kongres, mengenai isi rekomendasi yaitu:
Mendesak terhubungnya jalan trans Kalimantan. Mendesak pemerataan pembangunan di Kalimantan oleh pemerintah pusat. Mendesak secepatnya moratorium dicabut dan pemekaran Kalimantan Utara. Mendesak pemerintah pusat membuat otonomi khusus untuk Kalimantan. Dan mendesak perbaikan kesejahteraan pada masyarakat Indonesia yang ada di perbatasan.
Selanjutnya tuntutan revisi Undang-Undang No 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Daerah dan Pusat. Menuntut realisasi anggaran pendidikan 20 persen secara utuh. Menuntut pemerintah pusat memfokuskan pengelolaan tempat-tempat wisata di Kalimantan. Serta dana hasil bumi alam Kalimantan agar kembali ke daerah 70 persen dan 30 persen untuk pusat. Setelah itu merekomendasikan juga untuk menolak RUU Perguruan Tinggi.
Ada 32 BEM dari seluruh Kalimantan yang terlibat dalam kongres pertama, dan menandatangani rekomendasi. Antara lain yaitu IAIN Antasari, Unlam, Uniska, STIE Indonesia, STIE Banjarmasin, STIE Pancasetia, STIPER Amuntai, STIKES Muhammadiyah Banjarmasin, STMIK Banjarbaru, STMIK Indonesia Banjarmasin, STAI Rakha Amuntai, AMKI Ketapang Kalbar, Politeknik Sendawar, STIE Widya Praja Tanah Grogot, STAIN Pontianak, STIMIK Wicida Samarinda, Politeknik Pertanian Samarinda, UNTAG 45 Samarinda, STIE Bulungan Tarakan, STIE Muhammadiyah Berau, Unikal Tanjung Selor, STAI Sangata, STT Migas Balikpapan, STIT Balikpapan, STIS Hidayatullah Balikpapan, IKIP PGRI Kaltim, UN Borneo Tarakan, STIE Tenggarong, Univ Kristen Palangkaraya, Univ Palangkaraya, STIKIP PGRI Pontianak, dan Univ Anta Kusuma Pangkalambun.
Perwakilan koordinator wilayah di pegang oleh BEM Unlam untuk Kalsel, BEM STIKIP PGRI Pontianak untuk Kalbar, BEM Univ Palangkaraya untuk Kalteng, dan IKIP PGRI untuk Kaltim. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar