Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 18 Februari 2012

050112-kamis(jumat)-Masih Kekurangan Guru (Dm.070112).doc

Photo: Drs Muhammad Amin MT

Banjarmasin Masih Kekurangan Guru


BANJARMASIN – Beberapa mata pelajaran di sekolah-sekolah yang ada di Kota Banjarmasin, kekurangan guru pengajar. Tapi ada pula beberapa mata pelajaran yang gurunya sudah mencukupi. Dinas Pendidikan (Disdik) kota Banjarmasin, di 2012 berusaha menyeimbangkan kekurangan guru pengajar mata pelajarann tersebut.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Banjarmasin, Drs Muhammad Amin MT, kepada Mata Banua beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, untuk menyeimbangkan kekurangan guru mata pelajaran di kota Banjarmasin, tidak bisa instant, tapi memerlukan proses waktu.
Disdik kota Banjarmasin sudah melakukan koordinasi dengan BKD. Untuk tingkat SD masih banyak kekurangan guru kelas, sedangkan di tingkat SMP dan SMA/SMK kekurangan guru mata pelajaran. Kelompok IPA, IPS dan Bahasa itu lebih. Tapi kelompok seperti kesenian, komputer, dan olahraga mulai kekurangan. “Mudah-mudahan di 2012 ada formasi penerimaan pegawai negeri baru terutama di sektor guru” katanya.
Sekertaris Disdik Kota Banjarmasin Dra Hj Nurhidayah MM, menambahkan bahwa tenaga pendidik yang diperlukan di kota Banjarmasin pada 2012, cukup banyak. Karena banyak guru yang sudah memasuki masa pensiun.
Untuk tingkat SD, pengajarnya memang harus lebih banyak guru yang sudah senior. Karena pengalaman mengajar dalam menghadapi anak-anak sangat diperlukan. Guru yang sudah senior tentunya sudah lebih memahami emosi anak, serta cepat menangkap bakat dan prestasi anak.
“Kebutuhan guru pengajar, rata-rata setiap tahun di perlukan kurang lebih seratus guru baru. Termasuk guru olah raga, guru seni, guru umum, guru komputer, bahkan tenaga administratif untuk tata usaha pada SMP” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar