Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

271211-selasa(rabu)-pelayanan kesehatan gratis dari KAMMI bagi warga alalak selatan

Photo: mb/ara
KESEHATAN – Penyuluhan dan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kelurahan Alalak Selatan yang dilaksanakan KAMMI Kalsel dan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin

Kurangnya Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga

BANJARMASIN – Pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat pinggiran kota sangat rendah. Pola hidup sehat yang paling mudah seperti bersikat gigi dan cuci tangan saja, masih belum menjadi kebiasaan.
Situasi ini merupakan bukti kurangnya sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmasnya masing-masing, langsung di tengah masyarakat. Seharusnya penyuluhan kesehatan bagi masyarakat, rutin dilaksanakan minimal satu bulan sekali.
Hal ini diungkapkan Nita, salah satu tim kesehatan dari STIKES Muhammadiyah Banjarmasin, seusai melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Kelurahan Alalak Selatan, bertempat di Masjid Nurul Ibadah, RT 1, pada Selasa (27/12) dimulai dari pukul 14.00 Wita hingga sore hari.
Ketua Kemuslimahan KAMMI Komisariat Banjarmasin, Nur Laily Anggraini menjelaskan. Pelayanan kesehatan gratis untuk warga Alalak Selatan, adalah rangkaian kegiatan dari aksi peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan KAMMI Kalsel, bekerjasama dengan tim kesehatan dari STIKES Muhammadiyah Banjarmasin.
Anak yang berbakti kepada orang tua, daerah dan negaranya tidak akan lahir dari kehidupan yang tidak sehat, melainkan dari kehidupan yang sehat. Walaupun pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Banjarmasin, tapi belum sepenuhnya menjangkau desa-desa terpencil.
M Arsyad, kepala departemen sosial masyarakat KAMMI Kalsel, menambahkan bahwa rencana awalnya ada empat kegiatan dalam pelayanan kesehatan gratis untuk warga Alalak Selatan. Kegiatan tersebut yaitu penyuluhan kesehatan, konsultasi kesehatan, tensi darah dan pengobatan gratis.
Tapi untuk pengobatan gratis hari ini (Selasa) tidak bisa dilaksanakan, akan dilanjutkan dalam kegiatan berikutnya. Antusias warga sangat besar, lebih dari 25 orang ibu-ibu menghadiri kegiatan, begitu pula dengan anak-anak. “Kami sudah mencari dokter yang bersedia membantu kegiatan hari ini, tapi tidak ada satupun yang dapat diajak kerjasama, mungkin karena jadwal mereka sangat padat” katanya.
Menurut Latifah (37), ketua RT 1, Kelurahan Alalak Selatan, ia dan warga sekitar sangat berterima dengan adanya kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan KAMMI Kalsel dan tim kesehatan dari STIKES Muhammadiyah.
“Kegiatan seperti jarang ada di sini, inilah yang dibutuhkan warga. Untuk pergi ke Puskesmas jaraknya cukup jauh, bagi orang tua dan ibu-ibu yang lanjut usia itu sangat berat. Sehingga yang dibutuhkan masyarakt adalah penyuluhan dan pelayanan kesehatan langsung ke masyarakat” ujarnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar