Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

291211-kamis(jumat)-Ajukan Program Pelatihan Keterampilan Anak Asuh Panti

Ajukan Program Pelatihan Keterampilan Anak Asuh Panti

BANJARMASIN – Pelatihan keterampilan merupakan sesuatu yang penting bagi bekal kemandirian anak-anak Panti Asuhan (PA). Tapi bagi sebagian PA, biaya pendidikan/sekolah dan biaya hidup anak-anak panti saja sudah cukup berat. Dalam hal ini, keberadaan Forum Panti se Kota Banjarmasin (FPKB), cukup membantu mencari solusi permasalahan yang ada.
            Menurut Ketua FPKB, M Zaini SPd beberapa waktu yang lalu kepada Mata Banua. Program pelatihan bagi anak asuh panti, menjadi salah satu program yang akan di usulkan kembali di 2012 oleh forum ke Dinas Sosial (Dinsos) kota Banjarmasin.
            Beberapa program lainnya antara lain yaitu mengusulkan bantuan kebutuhan dasar, bantuan berupa sarana dan prasarana, dan mengadakan studi banding dengan panti yang dianggap lebih baik.
            Selain itu ada pula usulan bantuan rehab secara rutin untuk pemeliharaan panti.
Seperti kerusakan rehab kerusakan ringan, dan diproriataskan kepada panti yang lebih membutuhkan.
Serta mengadakan kembali lomba-lomba untuk anak-anak panti. Terakhir kegiatan lomba untuk anak panti yang diadakan oleh Kesra Pemko Banjarmasin, pada 2007 dan 2008. Beberapa lomba untuk anak panti selanjutnya, hanya atas prakarsa dari forum agar silaturahmi panti tertap terjaga dan untuk meningkatkan semangat anak-anak panti.
            Pada 2007, melalui Dinsos pula FPKB pernah bekerja sama dengan panti milik Dinsos Prov Kalsel yaitu PSAA Budi Mulia dan PSBR di Landasan Ulin, Banjarbaru. Kerjasama pelatihan elektronik dan pertukangan, yang diperuntukkan bagi anak panti yang sudah purna asuh.
Hingga 2009, pelatihan seperti ini tidak dilaksanakan/ dilanjutkan lagi. Pada 2011, program yang diberikan Dinsos hanya pelatihan untuk pengasuh panti, yang sebatas pembuatan pelaporan dan bimbingan motivasi.  FPKB berharap ada kemitraan, baik dari perusahaan, atau pemerintah dalam mengadakan pelatihan keterampilan untuk anak panti.
            “Pelatihan keterampilan untuk anak asuh memang menjadi salah satu keluhan dari panti. Kami berharap pula Pemko ada menganggarkan semacam kegiatan pelatihan untuk anak panti. Ini sangat bermanfaat bagi anak-anak setelah purna asuh, dan menjadi bekal untuk mandiri” ujar Zaini. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar