Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

141211-Fogging ke Dalam Rumah

Photo: mb/ara
PENGASAPAN – Petugas melakukan pengasapan di seputar rumah warga di Gg Belimbing, Kelurahan Kebun Bunga

Fogging Hingga Ke Dalam Rumah

BANJARMASIN – Tidak hanya melakukan fogging (pengasapan) di seputar rumah-rumah warga, petugas juga memenuhi keinginan warga untuk melakukan pengasapan di dalam rumah.
            Secara bergantian tiga petugas melaksanakan fogging, diawasi oleh satu orang petugas dari puskesmas Kecamatan Banjarmasin Timur. Berdasarkan keterangan dari petugas puskesmas tersebut, hari ini (Rabu) pengasapan untuk wilayah Rambai Padi, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur.
            Dilain pihak, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin drg Diah Ratnani Praswati, menjelaskan kepada Mata Banua via SMS pada Rabu (14/12) siang, mengenai program pemberantasan Demam Berdarah (DBD) dan pengasapan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banjarmasin.
Menurutnya, fogging yang dilakukan puskesmas adalah rangkaian dari fogging sebelum masa penularan (SMP), yang telah direncanakan Walikota Banjarmasin,  H Muhidin di puskesmas Alalak Selatan, beberapa waktu yang lalu.
Fogging dilaksanakan diawal November sd Desember 2011, di seluruh kelurahan oleh petugas puskesmas di wilayahnya masing-masing.
Maksudnya adalah untuk memberantas nyamuk-nyamuk dewasanya. Namun sebelum fogging, ada 150 kader jumantik Dinkes kota Banjarmasin telah melakukan survey/ pemantauan jentik di wilayahnya masing-masing. 150 kader jumantik ini berasal dari 53 kelurahan di kota Banjarmasin.
Tidak hanya melakukan pemantauan jentik, 150 kader jumantik juga sambil memberikan penyuluhan tentang pentingnya melaksanakan 3M (menguras bak air, menutup tempat air, dan mengubur barang-barang bekas). Kemudian harus diikuti dengan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di masing-masing kelurahan, untuk memberantas jentik-jentik nyamuknya.
“Setelah dua kegiatan itu, baru fogging dilaksanakan. Mudah-mudahan dengan 3 kegiatan ini, dapat menekan kasus DBD, yang biasanya melonjak di Januari sd Maret” ujarnya. ara/mb05



Tidak ada komentar:

Posting Komentar