Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Kamis, 22 Desember 2011

021210-kamis(jumat)-dalang ucuk1


Photo: Dalang Ucuk

DALANG TUA TERAKHIR BANJARMASIN TAMPIL DI TAMAN BUDAYA

BANJARMASIN – Seperti yang dikatakan Mukhlis Maman “setelah dalang Ibat, dalang Utuh Aini dan dalang Sarman Sungai Tabuk sudah almarhum, maka yang tersisa dari dalang tua wayang kulit Banjar yang ada di Banjarmasin saat ini hanya dalang Ucuk”
Dari informasi Mukhlis sendiri pada Rabu (1/12), bahwa Sabtu malam 4 Desember 2010 (malam Minggu), di Taman Budaya Banjarmasin akan menggelar wayang Banjar dan yang menjadi dalangnya adalah dalang Ucuk.
Dalam suatu kesempatan Mata Banua menyambangi dalang Ucuk di tepat kediamanya di jalan Pandu Km 3,5 Banjarmasin. Pada pertemuan singkat tersebut dalang Ucuk mengisahkan perjalanan awal mula ia menjadi dalang wayang kulit Banjar.
Dengan bahasa Banjarnya dalang Ucuk memulai cerita “pada mulanya aku umpat main wayang Gong haja, balum bisa lagi mamainakan wayang kulit, walau ka’i ada nang manjadi dalang wayang kulit.
Tahun 1987 anakku nang bibinian garing. Dibawa baubat kasana-kamari kada mau jua wigas. Imbah itu ada nang mamadahakan, anak ikam tu dipingit urang jar. Lalu aku takuni dalang Utuh Aini (almarhun), jar sidin, ikam harus bawayang ding’ai. Ayu ai, aku bawayang sampai pukul 3 pagi, imbah itu hanyar anakku mau wigas” ujar dalang Ucuk.
Seperti yang diceritakan Mukhlis Maman “dalang wayang kulit Banjar sering pula menampilkan cerita karangan/ gubahan sendiri yang di sebut lakon Carang. Dalam perkembangannya lakon Carang inilah yang menjadi primadona masyarakat Banjar. Namun kisah Carang itu sendiri hanya pengembangan dari pakem pewayangan yang sudah ada” katanya.
Untuk lakon yang akan digelar pada malam Minggu ini, dalang Ucuk mengungkapkan “cagarku kisahnya Lalak Garing nang kamumuyakan hidup sakit di Pandawa, lalu mancuntan kitab Darmakusuma. Judulnya Lalak Garing Mancari Cinta” ujar dalang yang dilahirkan pada 1957 ini. ara/mb05.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar