Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

051011-rabu(kamis)-ikan & tahu berformalin (Dm.di ekonomi)

Photo: mahfuz

Warga Keluhkan Pedagang Yang Menjual Ikan Dan Tahu Berformalin

BANJARMASIN – Beberapa warga Banjarmasin, kembali mengeluhkan adanya pedagang yang menjual ikan dan tahu, yang mengandung formalin. Meski secara kasat mata kandungan formalin dalam produk pangan hasil laut sulit dideteksi, dan kebanyakan konsumen maupun pedagang ikan, masih kesulitan untuk membedakan ikan berformalin atau yang tak berformalin.
Mursiah (57), salah satu warga di kelurahan Kebun Bunga, pada Rabu (5/10) pagi, menuturkan “kemaren aku menitip ikan dengan kenalan yang akan berbelanja di pasar A Yani II, dari warna kulitnya ikan yang dibelikannya, memang kelihatan bagus, tapi  teksturnya lebih kaku. Tidak seperti ikan segar lainnya, yang sering di beli. Karena curiga aku tidak jadi menggorengnya”.
Warga lainnya, Juairiyah (38) mengaku membeli tahu goreng, tapi setelah ia memakannya, kepala menjadi pusing dan perut terasa mual.
Mungkin tidak semua pedagang menjual produk berformalin, tapi warga mengharapkan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk mengambil tindakan. Baik melakukan inpeksi pasar, maupun penyuluhan terhadap bahaya formalin, dan bahan pengawet kimia berbahaya lainnya. Sebelum semakin banyak jatuh korban di kota Banjarmasin. ara/mb06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar