Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

080411-Obat Tradisional Untuk Penyakit Cacingan


Kulit Buah Manggis Untuk Cacingan

CACINGAN banyak menyerang anak-anak, hal ini terjadi karena tidak terjaganya kebersihan saat menyantap makananan. Dalam masyarakat tradisional Banjar, penyakit cacingan ini dikenal dengan nama bacacingan atau bakarami (cacing kermi).
            Tanda-tanda penyakit cacingan pada anak-anak yaitu perut buncit dan cepat lapar. Untuk cacing kermi biasanya, pada lubang dubur terasa gatal menyengat.
Ungkap Drs Syarifuddin R ”menurut anggapan masyarakat tradisional Banjar, penyebab penyakit bakarami adalah karena suka makan daging ikan dan makan daging kelapa.
Berdasarkan data yang kami kumpulkan di masyarakat Banjar, pengobatan tradisional yang dilakukan untuk penyakit bakarami ini melalui empat cara, yaitu dengan buah lalangsatan, buah mengkudu masak, biji papaya dan kulit buah manggis. Cara pengobatannya antara lain:
Pertama, menggunakan buah lalangsatan atau buah kayu sumpit, buah tersebut dikunyah sampai lumat, setelah halus kemudian ditelan.
Ke dua, dengan memakan buah mengkudu yang telah masak
Ke tiga, dengan menelan beberapa biji dari buah kustila (pepaya).
Ke empat, menggunakan kulit buah manggis, yang dipirik atau dilumat (dihaluskan). Setelah halus kemudian  digiling (dibentuk) menjadi bulatan-bulatan kecil seperti tablet sebesar biji kacang ijo.
Resep pengobatannya, kulit buah manggis yang telah dibentuk menjadi bulatan kecil tersebut, ditelan satu biji sehari hingga bakarami sembuh” pungkas Syarifuddin. ara/mb07
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar